Mohon tunggu...
Lentera Pustaka
Lentera Pustaka Mohon Tunggu... Freelancer - Pegiat Literasi dan Taman Bacaan

Pegiat literasi yang peduli terhadap gerakan literasi dan pendidikan anak di Indonesia. Hanya untuk berbuat baik dan menebar manfaat melalui buku-buku bacaan, salam literasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dosen Unindra Raih Doktor dengan Meneliti Strategi Peningkatan Kinerja Guru melalui 4 Variabel, Apa Hasilnya?

13 November 2024   12:43 Diperbarui: 13 November 2024   16:00 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbekal disertasi berjudul "Strategi Peningkatan Kinerja Guru Melalui Penguatan Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Pemberdayaan, dan Kompetensi Pedagogis (Studi Analisis Jalur dan SITOREM pada Guru SMK Swasta Kota Depok)", Mailizar (Dosen FMIPA Unindra) berhasil meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan saat ujian sidang terbuka di Auditorium Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pakuan (24/06/2024).

Di hadapan tim penguji yang terdiri dari:  1) Prof. Dr. rer.pol. Ir. Didik Notosudjono, M.Sc. (Rektor Unpak dan Ketua Sidang), 2) Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardhienata (Dekan SPs Unpak dan Sekretaris Sidang), 3) Prof. Dr. Sumaryoto (Penguji Eksternal0, 4) Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. (Penguji), 5) Prof. Dr. Sri Setyaningsih, M.Si. (Ka.Prodi MP dan Promotor), dan 6) Dr. Taufik, S.Pd., M.Hum. (Penguji dan Ko-Promotor), promovendus Mailizar berhasil memaparkan strategi peningkatan kinerja guru melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, pemberdayaan, dan kompetensi pedagogis serta meraih predikat "sangat memuaskan".

Dari hasil penelitian disertasinya, Mailizar mengungkap simpulan bahwa terdapat pengaruh positif langsung dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sehingga penguatan kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan kinerja guru dan pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru sehingga penguatan budaya organisasi dapat meningkatkan kinerja guru. Terkait pemberdayaan terhadap kinerja guru dan kompetensi pedagogis terhadap kinerja guru pun memiliki pengaruh signifikan.

Oleh karena itu, kepemimpinan transformasional menjadi penting untuk penguatan kompetensi pedagogis guru, di samping pentingnya budaya organisasi terhadap kompetensi pedagogis guru. Penelitian ini juga menyebut ada pengaruh tidak langsung dari kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Begitu pula halnya dengan pemberdayaan terhadap kinerja guru melalui kompetensi pedagogis tergolong tidak signifikan.

Melalui penelitian ini, Mailizar menegaskan bila kinerja guru ingin ditingkatkan maka diperlukan penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kompetensi pedagogis secara bersama-sama dan berkelanjutan. Atas capaiannya ini, Mailizar pun telah diwisuda pada 7 Agustus 2024 di Bogor.

Sumber: Pribadi
Sumber: Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun