Gresik-Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur memiliki program pengabdian masyarakat KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Di tengah pandemi Covid yang terjadi sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini tidak menyurutkan UISI untuk memberikan pengabdian masyarakat dengan program KKN. KKN dilakukan secara daring di desa tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Tema KKN yang diangkat pada tahun ini adalaha KKN Tematik Daring 2020. KKN dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan tema utama kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.
Kami kelompok A.54 yang beranggotakan yaitu Febrina Bellia dari program studi Sistem Informasi, Lenny Anggraini Arfianty dan Nafsya Rafsanjani dari program studi Akuntansi melaksanakan KKN di Desa Gending dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bu Paramita Setyaningrum, S.T.,M.T. Pelaksanaan KKN dilakukan di Desa Gending Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Kelompok kami mengangkat topik ekonomi yang bertujuan untuk mengembangkan salah satu UMKM dari segi pemasaran melalui online hal tersebut dikarenakan mengalami dampak Covid-19 di Desa Gending
Salah satu program kerja kelompok A.54 kali ini adalah mengadakan kegiatan Webinar Kewirausahaan untuk menambah pengetahuan masyarakat seputar penerapan dan optimalisasi digital marketing bagi UMKM, khususnya di daerah Desa Gending. Webinar ini mengundang pembicara yang sangat berkompeten dalam penerapan Digital Marketing yaitu Bu Santy Marlina, S.T., M.T. selaku Humas Asosiasi UMKM Gading Emas Gresik.
Saat ini beliau mengabdi sebagai IRT menjalankan bisnis kecantikan Oriflame dan sudah mencapai level Gold Director serta membawahi 6 kantor distribusi Oriflame. Selama menjalankan bisnis multilevel beliau mendapatkan ilmu marketing online yang komprehensif sehingga Bu Santy dapat menyumbangkan ilmunya untuk beberapa komunitas sosial dengan fokus pada pengembangan marketing dan informasi digital.
Tema yang diangkat pada webinar ini adalah “Penerapan pola pikir memulai dan mengembangkan ide usaha bagi masyarakat dan optimalisasi media sosial bagi UMKM di tengah pendemi Covid-19”. dimana tema tersebut menekankan pada bagaimana cara masyarakat harus mengambil langkah sigap untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Di era digital ini UMKM mau tidak mau harus menerapkan digital marketing pada usahanya ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Antusiasme masyarakat Desa Gending dan peserta dari umum sangat besar, dibuktikan dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang mengikuti Webinar Kewirausahaan ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H