Mohon tunggu...
Lena Tindaon
Lena Tindaon Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Kreator

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Banyaknya Kesalahan pada Aplikasi KBBI yang Dikelola oleh Kemendikbud RI

9 Juli 2024   19:00 Diperbarui: 9 Juli 2024   20:08 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir akhir ini, saya sering sekali mengisi waktu luang saya untuk mengisi TTS. Untuk mencari jawaban pun saya bukan hanya mencari di google saja, saya juga mencari jawaban di KBBI dengan mengunduh aplikasi KBBI yang dikelola oleh Kemendikbud RI. 

Sayangnya, ketika saya mencari jawaban di aplikasi KBBI, banyak sekali ketidakcocokan informasi dengan informasi yang tertera di situs Wikipedia. Ada beberapa kata yang tidak sengaja saya temukan di aplikasi KBBI yang artinya tidak cocok di situs Wikipedia:

Abjad arab 'h', di wikipedia ditulis huruf ke-26 dalam abjad arab. Di aplikasi KBBI ditulis 'nama huruf ke-27 abjad arab'.

Sumber: id.wikipedia.org
Sumber: id.wikipedia.org

Sumber: Aplikasi KBBI
Sumber: Aplikasi KBBI

Abjad arab 'y', di wikipedia ditulis huruf ke-28 dalam abjad arab. Di aplikasi KBBI ditulis 'nama huruf ke-29 abjad arab'.

Sumber: Aplikasi KBBI
Sumber: Aplikasi KBBI

Sumber: id.wikipedia.org
Sumber: id.wikipedia.org
Sayapun tidak tahu mana yang benar karena saya bukan umat Islam.

Kata 'ehe', di aplikasi KBBI ditulis 'nama tahun ketiga dalam satu windu berdasarkan perhitungan jawa'. Kata 'jimawal' di aplikasi KBBI juga ditulis 'nama tahun ketiga dalam satu windu berdasarkan perhitungan jawa'. 

Di wikipedia, kata 'ehe' berada di posisi kedua nama tahun dalam kalender jawa sedangkan kata 'jimawal' di wikipedia berada di posisi ketiga nama tahun dalam kalender jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun