Jakarta – 4 Januari 2022 – Sepanjang tahun 2021, LEMON telah memberikan solusi digital yang memudahkan UMKM dan Brand besar untuk eksis di ranah digital. Melalui influencer marketing ratusan brand kini memahami pentingnya teknologi digital dalam bisnis dan sukses bertahan di masa pandemi ini. LEMON membagikan resep dan tren dalam campaign yang telah sukses di tahun sebelumnya dan diprediksi masih akan laris di tahun 2022.
Dengan begitu, LEMON ingin mengajak terus untuk UMKM dan brand besar untuk terus menerapkan influencer marketing sebagai strategi pendukung atas seluruh aktivitas marketing lainnya.
CEO of PT C CHANNEL Media Indonesia, Yamato Sasagawa mengungkapkan, “1.600 brand yang registrasi di LEMON Influencer Platform adalah achievement terbesar bagi kami. Selain itu, tidak hanya jumlah yang besar. Namun, LEMON Influencer Platform juga memiliki komunitas yang kuat, serta influencers yang berkualitas dan hal itulah yang membedakan kami dari platform lainnya.”
Berbagai kemudahan dirasakan oleh para pemilik brand dalam LEMON Influencer platform. Fitur ini dapat melihat influencer yang mendaftar ke campaign, dan dapat memilih sendiri influencer yang tepat adalah salah satu fitur yang sangat mempermudah pekerjaan. Dibandingkan harus mencari sendiri influencer dan mengontak mereka satu per-satu untuk mencari rate card mereka. Terlebih kini LEMON telah menyediakan fitur draft system, dimana brand dapat melihat draft dari influencer dan memberikan feedback dari dalam app.
VP of Business PT C CHANNEL Indonesia, Yosua Omimaru, “Kategori beauty, health dan food and beverage menjadi kategori brand yang paling banyak terdaftar di platform LEMON”
Selama satu tahun ini, banyak wawasan baru yang didapatkan. Terlebih setelah satu setengah tahun pandemi, dimana banyak bisnis yang terdampak. Wawasan baru yang didapatkan antara lain:
Permintaan Influencer Gaming mulai bermunculan
Banyak brand yang mulai ingin mempromosikan dan bekerja sama dengan influencer gaming. Influencer game sama populer dan berpengaruhnya dengan fashion, health, dan/atau influencer beauty. Gamer live-streaming sendiri memainkan game favorit penonton di platform seperti YouTube, Mixer, Twitch, dll.
Nano dan Micro-Influencer akan terus menanjak
Nano-influencers dengan followers kurang dari 1,000 followers memiliki 7x lebih tinggi engagement rate dibandingkan dengan mega-influencer yang memiliki 100,000 followers. Kami telah menganalisa lebih dari 20,000 influencer di LEMON dalam platform marketing lainnya seperti Instagram, TikTok, dan Twitter untuk melihat beberapa variasi engagement tergantung dari jumlah followers. Kami telah mencapai kesimpulan bahwa influencer dengan jumlah followers yang tinggi memiliki engagement rate yang lebih rendah dibandingkan dengan yang memiliki sedikit followers.
Komunitas berperan penting untuk meningkatkan loyalitas brand
Jaringan komunitas Bersama influencer sangat membantu mengakselerasi bisnis UMKM dan Brand terutama yang baru terjun di dunia influencer marketing. Wadah yang diciptakan oleh LEMON seperti LEMON Academy dan LEMON Squad membantu brand untuk berinteraksi langsung dengan influencer yang mempromosikan brand.