Kunci untuk mendapatkan pelanggan yang loyal adalah mencari influencer yang tepat. Apakah saat ini Anda sudah mendapatkannya?
Saat ini, influencer adalah salah satu penggerak utama marketing brand Anda. Ketika sebuah brand mengirimkan produk ke influencer yang relevan, mereka akan membuat personal and genuine reviews untuk audiens mereka. Dengan memiliki konten yang lebih autentik melalui sponsored posts, mereka terbukti lebih efektif daripada iklan tradisional yang biasa kita lihat di mainstream media.
Meskipun hal ini menciptakan exposure dan meningkatkan brand awareness, Influencer Gifting juga dapat menghasilkan brand loyalty dengan influencer dan audiens mereka. Ketika aktivitas ini sering dilakukan, brand Anda akan menciptakan hubungan yang genuine dengan influencer dan pada akhirnya mengembangkan customer loyalty. Salah satu contoh Influencer Gifting bisa dilihat dalam servis LEMON BOX dari LEMON Influencer Platform.
"Having a loyal customer base is one thing. But if your loyal customer is also an influencer, you then have the potential to create a stronger and wider brand community."
Yuk, mari kita lihat langkah-langkah untuk membuat kampanye Influencer Gifting yang efektif di bawah ini:
1. Campaign Planning
Pertama, Anda harus mengidentifikasi budget dan tujuan kampanye Anda terlebih dahulu. Apakah itu untuk mempromosikan produk baru Anda atau untuk meningkatkan brand awareness dan menciptakan penjualan? Selanjutnya, Anda juga perlu mengidentifikasi target audience Anda. Kepada siapa Anda ingin menargetkan produk atau layanan Anda? Selalu ingat untuk menetapkan specific target demographics.
2. Menetapkan Campaign Guidelines & Influencer Agreement
Ini adalah langkah yang sangat penting!
Sebelum memilih influencers, Anda harus menentukan campaign guidelines yang harus diikuti oleh para influencer. Dari hashtag, time-frame, pedoman caption, dan gaya gambar, selalu tentukan semuanya secara detail untuk memastikan hasil yang sukses.
3. Mencari Influencer yang Tepat
Selanjutnya, langkah yang paling challenging adalah mencari dan menentukan influencer yang tepat untuk kampanye Anda. Agar kampanye Anda sukses, Anda perlu memastikan bahwa influencer yang dipilih memiliki audiens yang sesuai dengan target demographics Anda. Untuk mendapatkan penilaian yang lebih baik tentang hasil kerja mereka, lihat juga engagement rate, konten sosial media, dan past brand associations mereka.Â
Karena ini bisa menjadi proses yang lama, LEMON Influencer Platform menawarkan layanan yang dapat menyederhanakan semua ini! Dengan membuat kampanye Anda melalui influencer platform seperti LEMON, Anda dapat menentukan persyaratan influencer Anda dan komunitas influencer #LemonSquad nya akan mendaftar untuk kampanye Anda. Dari list pendaftaran tersebut, Anda kemudian dapat memilih influencer yang sesuai dengan requirements Anda. Selanjutnya, LEMON akan mengirimkan LEMONÂ Box dengan produk Anda ke influencer pilihan Anda.
LEMON Box adalah aktivitas monthly Influencer Gifting untuk komunitas influencer #LemonSquad nya. Untuk edisi Juli 2019, Lemon membuat Lemon Box eksklusif yang dibuka untuk umum! Setelah periode registrasi ditutup, hanya 30 Lemonion beruntung yang terpilih untuk menerima Lemon Box ekslusif tersebut dan ikut serta dalam kampanye untuk Pond's dan Calysta. Setelah kampanye berakhir, Lemon juga akan memberikan laporan akhir kampanye Anda.Â