Mohon tunggu...
Lely PutriArum
Lely PutriArum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo aku Lely

Hallo aku lely . Hobi ku menulis. Salam kenal ya...

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Kelurahan Kedung Baruk Optimalkan Pelayanan Pawai Jebol Anduk

25 Juni 2022   16:16 Diperbarui: 25 Juni 2022   16:22 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun 2021 Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan program pelayanan pawai jebol anduk atau biasa disebut dengan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan. Program layanan ini dilakukan Dispendukcapil Surabaya bekerjasama dengan Kelurahan – Kelurahan yang ada di Surabaya untuk mengumpulkan para warga dalam melakukan administrasi kependudukan. Untuk mengoptimalkan program pelayanan pawai jebol, Kelurahan Kedung Baruk melaksanakan program ini seminggu sekali di tiap – tiap balai RW. Tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran warga untuk tertib administrasi kependudukan.

Dalam wawancara Kamis, 9/6/2022 dengan Roosie Andriani, S. E (40) selaku Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik di Kelurahan Kedung Baruk, Ia menegaskan bahwa pelayanan pawai jebol anduk merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan di balai - balai RW dengan tujuan pawai jebol anduk dapat memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi dalam bidang kependudukan, kesehatan, dan perijinan, selain itu tujuan yang kedua untuk membangun chemistry antara kelurahan kedung baruk dengan warga. Roosie Andriani juga menegaskan bahwa sasaran utama dalam pelayanan pawai jebol anduk yaitu warga yang sudah sepuh atau tidak bisa mengurus administrasi kependudukan di kelurahan seperti warga yang bekerja, dan warga yang gagap teknologi. Pelayanan pawai jebol anduk di Kelurahan Kedung Baruk untuk saat ini rutin dilakukan seminggu sekali  di balai – balai RW pada jam 16.00 – 18.00 waktu Indonesia bagian barat, alasan pemilihan pada jam tersebut karena kebanyakan warga pada jam tersebut sudah pulang bekerja sehingga warga memiliki waktu yang luang.

Tanggapan warga mengenai pelayanan pawai jebol anduk Selasa, 7/6/2022 yang diadakan di balai RW 3 Kelurahan Kedung Baruk, Achmad Taufik Kurniawan (28)  saat mengurus pembaruan Kartu Keluarga atau KK berbarcode menurutnya pelayanannya sangat membantu karena warga juga diajarkan klampid login warga step by step sehingga Ia paham dan mempu menggunakannya. Selain itu tanggapan dari ketua RW 3 terkait pelayanan pawai jebol anduk Sukir (45) berterima kasih kepada pemerintah Kota Surabaya karena telah mengadakan program pelayanan pawai jebol anduk, Ia merasa bahwa warganya cukup senang dan terbantu dalam mengurus admistrasi kependudukan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun