Magelang, 20 Desember 2024 -- Mahasiswa Universitas Tidar yang tergabung dalam KKN Kelompok 1 sukses membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sukosari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Salah satu fokus utama adalah UMKM Lenteng, yang memproduksi keripik berbahan dasar singkong.
Implementasi Digital Marketing
Melalui program penyuluhan, mahasiswa memberikan pelatihan tentang pemasaran digital, mencakup penggunaan platform seperti TikTok Shop, Shopee, dan Instagram. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar UMKM lokal, yang sebelumnya hanya bergantung pada pemasaran tradisional.
Pembuatan Logo dan Desain Kemasan
Pentingnya identitas visual juga menjadi perhatian. Kelompok KKN membantu mendesain logo dan kemasan baru untuk produk lenteng, kini menggunakan standing pouch dengan ziplock yang menjaga kualitas produk. Produk ini juga dilengkapi desain modern yang mencantumkan informasi kontak untuk meningkatkan daya tarik konsumen
Inovasi Varian Rasa
Selain itu, UMKM Lenteng kini menawarkan empat varian rasa, yaitu original, pedas, sapi panggang, dan jagung bakar. Harga terjangkau mulai dari Rp6.000 per kemasan menjadikan produk ini lebih kompetitif di pasar lokal dan berpotensi menjangkau pasar yang lebih luas.