Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi
PembuatanA.Pengertian Buku Pop UpÂ
Menurut para ahli diantaranya Dzuanda (2011: 1) yang menyatakan bahwa buku Pop Up yakni sebuah buku yang mempunyai bagian yang dapat  bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi serta memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik, mulai dari tampilan gambar yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka. Sedangkan menurut Ann Montanaro dalam (Aulia Azmi Masna2015: 12) menjelaskan bahwa sekilas Pop up mirip dengan origami dimana kedua seni ini menggunakan teknik melipat kertas. Buku Pop Up memiliki kelebihan tersendiri dari media lainya diantaranya seperti menampilkan bentuk yang dibuat dengan melipat dan memiliki dimensi.
B. Buku Pop Up Sebagai media pembelajaran
Media pembelajaran sangat penting dalam proses pemahaman informasi pada peserta didik di dalam kelas. Dengan penggunaan media yang tepat peserta didik diharapkan mampu meningkatkan aktivitas belajar di dalam kelas. Â Buku pop up merupakan media visual berbentuk 3 dimensi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Media visual yang menarik diharapkan mampu menarik minat peserta didik untuk belajar dan berkreasi di dalam kelas. Pembuatan buku pop up diharapkan mampu membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam menuangkan idenya pada materi yang sedang dipelajari, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang sedang dibahas khususnya pada mata pelajaran biologi. Â Tampilan visual yang menarik, beragam serta inovatif pada buku pop up membuat peserta didik lebih mudah mengingat istilah yang rumit pada mata pelajaran biologi.
C. Alat dan Bahan Membuat buku Pop Up
- kardus bekas sebagai sampul buku
- kertas bufalo ukuran F4 warna warni dilipat menjadi 2
- kertas HVS warna warni / kertas lipat
- gunting
- dobel tip/lem kertas
- gambar materi yang digunakan
- stiker sebagai hiasan
D. Cara membuat buku pop up
- Siapkan kertas bufalo warna sebagai dasar media pop up, lipat menjadi 2 bagian sama besar
- Ukur masing-masing 10 cm dari tepi lipatan
- Gunting pada bagian tersebut sepanjang 5 cm kearah dalam
- Setelah terpotong, buka lipatan kertas bufalo. Â Pada potongan yang sudah dibuat tadi, buat lipatan di tengah-tengah potongan. Buat hingga membentuk persegi.
- Tempelkan gambar / tulisan pada lipatan tersebut dengan menggunakan lem kertas / doble tip.
- Beri keterangan pada gambar sesuai dengan materi yang dibuat
- Tambahkan stiker atau hiasan untuk memperindah tampilan buku pop up agar lebih menarik.
E. Kelebihan buku pop up
- Dapat memberikan visualisasi  yang menarik sehingga peserta didik tidak  bosan dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
- Media 3 dimensi membuat peserta didik lebih mudah memahami konsep khususnya pada mata pelajaran biologi.
- Pembuatan buku pop up menjadikan aktivitas peserta didik didalam kelas meningkat, karena tidak hanya mendengarkan guru menerangkan tetapi juga peserta didik menhasilkan karya buku 3 dimensi.
- Pemahaman peserta didik terhadap konsep mata pelajaran biologi lebih meningkat dengan menggunakan media buku pop up.Â
F. Kekurangan buku pop up
- Membutuhkan alat dan bahan yang harus dipersiapkan dari rumah.
- Waktu pengerjaan yang cukup lama karena perlu kreativitas peserta didik
- Biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan membuat buku sederhana/ buku bacaan biasa
- Dibutuhkan kreativitas dalam pembuatan karya buku pop up agar tampilan lebih menarik dan unik
- Peserta didik harus teliti dalam membuat buku pop up agar konsep yang disajikan benar.
Semoga bermanfaat ..
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H