Mohon tunggu...
Lekat Kaulan
Lekat Kaulan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN, Internal Auditor, Traveller, Pengamat Perpolitikan

Pemula Entrepreneur, Sosialis, Adventurer dan Mencoba mengamati Politik Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Waspada Penipuan Reservasi Hotel Online Zen Rooms

14 Oktober 2016   15:01 Diperbarui: 14 Oktober 2016   15:07 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi anda yang ingin melakukan pemesenan Hotel Online, ada baiknya lebih berhati-hati. Khususnya jika mau memesan Hotel yang dikelola Oleh Zen Rooms Hotel Singapore. Seperti pengalaman saya berikut ini.

Pada hari Kamis, 29 September 2016 saya melakukan reservasi Hotel di Zen Room Extension Yogyakarta (Cailendra Extension) untuk tanggal 5 hingga 8 Januari 2017 (3 malam). Pada saat melakukan pemesanan, saya memilih untuk melakukan pembayaran ditempat (seperti yang terlampir digambar).

Namun nyatanya, tanpa persetujuan saya. Pihak Zenroom Hotel melakukan penarikan ke kartu kredit sebesar Rp. 750.000 pada jam 05.41am. Kemudian pada  pukul 04.41pm, terdapat lagi transaksi sebesar Rp. 750.000. Jadi secara total  sudah ada penarikan sebesar Rp. 1.500.000,-

screenshot-2016-09-30-17-05-45-1-5800908ee122bdbb118b456e.png
screenshot-2016-09-30-17-05-45-1-5800908ee122bdbb118b456e.png
Pada awalnya saya melakukan konfirmasi ke Pihak Zenroom. Dari jawaban Call Centernya memang sudah ada ketentuan kalau pihak Zenroom akan melakukan penarikan. Tetapi, hal itu dilakukan jika melakukan pemesanan melalui zenroom.com. Sedangkan saya melakukan pemesanan melalui Hotels.com. Berarti seharusnya pihak Zenroom mengikuti peraturan yang ada di Hotels.com.

Kemudian saya konfirmasi lagi kepada pihak hotels.com. Katanya mereka akan mencoba menelpon langsung pihak Zenrooms. Dari hasil konfirmasinya, jawaban dari Hotels.com menyatakan jika itu merupakan preotorization. Karena masih belum puas, saya pun langsung telpon callcenter BRI. Setelah saya telpon, pihak BRI menyatakan jika itu bukanlah preotorization tetapi panarikan.

Setelah beberapa kali menelpon Hotels.com dan Zenrooms, akhirnya saya membatalkan pesanan yang ada minta uang yang sudah ditarik tersebut agar dikembalikan ke kartu kredit yang saya miliki. Dan hingga saat saya menulis pengalaman ini, Uang saya belum dikembalikan oleh Zenrooms. Saya berharap ada itikad baik dari Zenrooms.com untuk mengembalikan uang saya tersebut.

Dari kejadian ini, terdapat tindakan pelanggaran izin yang dilakukan oleh Zen Room. Tanpa meminta izin dan mengikuti ketentuan yang sudah ada, mereka sudah menarik uang melalui Kartu kredit yang saya miliki. Itu sama saja dengan mencuri.

Oleh karena itu, saya sarankan kepada Netizen agar lebih hati-hati jika ingin melakukan pemesanan Hotel secara online. Apalagi transaksinya menggunakan kartu kredit. Karena bisa saja disalahgunakan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun