Pertama-tama saya menulis artikel ini adalah artikel yang sudah banyak di tulis di website atau blog. Jika kalian cari di Internet dengan kata kunci "Algoritma Instagram 2020", maka akan banyak sekali keluar artikel tentang ini. Tapi mengapa saya menulisnya kembali? Supaya tetap ingat dan juga tidak panik jika ada perubahan engagement rate terhadap akun Instagram kalian sendiri.Â
Yang perlu diketahui dalam artikel ini, bahwa artikel ini tidak ditujukan kepada orang-orang yang mencari hack Algoritma Instagram supaya bisa mendapatkan engagement rate yang tinggi setiap harinya, tapi untuk kalian yang ingin memahami cara yang kerja algoritma Instagram, yang pada akhirnya terus berubah setiap saat, sehingga akhirnya kalian bisa membuat strategi yang tepat untuk membuat konten kalian sendiri.
Bagaimana cara kerja algoritma Instagram 2020?
Pada suatu hari saya sempat diskusi dengan salah satu pendiri dari akun Instagram @wisataonbudget mengenai cara kerja algoritma di Instagram, pada waktu itu dia bilang mau belajar karena algoritma Instagram terus berubah. Bahkan temannya pun sempat mengoceh dengan dia karena algoritma Instagram terus berubah sehingga yang Like konten Instagramnya terus menurun. Jadi pertanyaannya, sebenarnya apa yang terjadi sehingga pengguna dapat merasakan perubahan itu? Sebenarnya menjawab pertanyaan ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma Instagram:
1. Comments + Like + Share + View mempengaruhi performa dari feed kamu.
Mengapa demikian? Instagram itu sangat peduli dengan human interaction yang di platform-nya mereka. Jika kamu berhasil membuat konten yang menarik sehingga banyak yang komen, kemudian like nya juga banyak, dan yang membagikan konten kamu juga tinggi, maka Instagram akan menilai konten kamu relevan dengan orang-orang yang mengikuti Instagram kamu, dan di anggap konten kamu memiliki kualitas yang tinggi.
2. Foto dan Video di Instagram feed itu adalah sama.
Mungkin kamu pernah dengar teman kamu berkata "kalau mau post di Instagram, mending pakai video saja, karena orang-orang lebih suka dengan konten video dari pada gambar." Tunggu dulu! Baik foto dan video itu sama saja loh, yang membedakan menarik atau tidak adalah isi dari kontennya. Semakin menarik, maka semakin banyak orang yang akan memberikan komen & like, bahkan membagikan konten kamu.
3. Selalu adaptasi dengan tren yang ada.