Mohon tunggu...
Laurens W
Laurens W Mohon Tunggu... Lainnya - 😀😀😀

Be yourself !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

2021: Memulai Kembali Belajar

3 Januari 2021   17:00 Diperbarui: 3 Januari 2021   17:51 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di tahun 2020 yang sudah berlalu dan kita lewati dengan sedikit berbeda karena adanya masa pandemi Covid-19 yang belum usai maka di tahun 2021 sekarang ini kita pun harus bersabar dan berdamai dengan pandemi covid-19.

Segalanya membuat kita semua harus menjalani stay at home dan kembali belajar dari rumah. Kita harus belajar untuk siap menghadapi segala perubahan ini.

Gara-gara pandemi ini mau tidak mau, kita harus belajar mengelola waktu dengan baik, belajar dengan teknologi, mengelola keuangan dengan baik, dan yang terakhir adalah mengelola emosi, kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Awalnya tentu membuat kita stress dan gelisah, tapi ya begitulah setiap manusia perlu waktu untuk beradaptasi menghadapi perubahan bukan? Beradaptasi menghadapi perubahan berarti membuat diri kita terbuka untuk mau belajar.

Salah satu adaptasi yang perlu dipersiapkan adalah Kita harus kembali belajar disiplin dengan waktu. Kita harus membuat prioritas kegiatan yang harus dilakukan sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya bagi orang tua anak-anak yang masih sekolah, maka harus ada waktu untuk menemani anaknya belajar, menyiapkan masakan dirumah, dan melakukan pekerjaan kantornya dengan baik.

Yang kedua adalah belajar dengan teknologi.
Karena pandemi ini, orang-orang tidak dapat tatap muka secara langsung dan harus bergantung dengan pertemuan secara virtual. Hal tersebut memaksa kita untuk berubah kembali ke kehidupan serba menggunakan jaringan internet dan contohnya harus tahu menggunakan laptop atau smartphone, tersedianya koneksi internet yang baik agar bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, dan tahu cara menggunakan Zoom, Google meeting dan aplikasi video call lainnya.

Yang ketiga adalah belajar mengelola keuangan dengan baik. Efek dari pandemi ini adalah bisa jadi penghasilan berkurang atau pengeluaran ekstra yang perlu dikeluarkan. Maka dari itu kita harus kembali belajar untuk mengutamakan kebutuhan hidup daripada keinginan. Salah satunya kita bisa membuat catatan anggaran antara pos pemasukkan dan pos pengeluaran serta disiplin menjalankannya.

Yang keempat, yang tidak kalah pentingnya adalah mengelola emosi dan menjaga kesehatan fisik serta mental. Karena kita akan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah maka alangkah baiknya kita dapat mengelola emosi dengan selalu bersyukur, sabar dan murah hati.

Berpikirlah hal yang positif dan tidak mengeluh. Mungkin kita bisa bosan tapi cobalah berkomunikasi dengan baik juga dengan orang serumahmu. Sedangkan menjaga kesehatan fisik dan mental bisa dengan makan makanan yang sehat dan bergizi serta berolahraga ringan dirumah.

Mencoba hal-hal yang positif untukmu dengan hobi-hobi yang membangun seperti menanam tanaman, menjahit, dekorasi ruangan, menulis, ataupun membaca buku yang bermanfaat untuk hidupmu.

Sambil menunggu vaksinasi Covid-19, mari kita hadapi 2021 dengan harapan yang baru dan kembali belajar disertai hati yang terbuka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun