Mohon tunggu...
Laurensia Septiana
Laurensia Septiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ulangan 28 : 13

rest but never quit

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kelompok KKN UNSIKA Capacity Building Bantu BUMDes Buana Mekar dalam Pendistribusian KoSa

1 Desember 2021   15:45 Diperbarui: 1 Desember 2021   15:55 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kelompok 136 KKN Tematik UNSIKA 2021 bantu pendistribusian KoSa serta memberikan pelatihan kepada Staff BUMDes Buana Mekar tentang inovasi bisnis KoSa ( Kopi Sanggabuana ) yaitu pengembangan produk berdasarkan voice of customer. Sesuai dengan judul Kelompok 136 yaitu "Pelatihan Peningkatan Capacity Building Pengelolaan Program Kewirausahaan Berbasis Komoditas Unggulan Kopi Sanggabuana pada BUMDes Buana Mekar Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang".

KoSa (Kopi Sanggabuana) merupakan produk kopi unggulan yang berasal dari pegunungan Sanggabuana yang terdapat di Desa Mekarbuana. Banyak kalangan masyarakat di Karawang yang sudah mengenal KoSa. "Selama kami melaksanakan kegiatan KKN di Desa Mekarbuana, cukup banyak berbincang dengan Bapak Jaji Maryono selaku Kepala Desa dan Bapak Deddy selaku Direktur BUMDes. Perbincangan kami membahas tentang KoSa, mulai dari pengelolaan sampai pemasarannya". Ujar dari beberapa mahasiswa kelompok KKN tersebut.

Meskipun sudah banyak masyarakat yang mengenal KoSa, tidak dipungkiri masih ada sebagian masyarakat yang masih belum mengenal KoSa, terutama masyarakat yang memang lokasi tempat tinggalnya bukan di daerah tempat wisata. "KoSa memiliki cita rasa khas kopinya yang sangat terasa karena memang dalam produksinya tanpa bahan campuran apapun, sehingga menurut beberapa kalangan dengan selera masing-masing berpendapat bahwa KoSa terlalu pahit. Hal ini yang menyebabkan pemasaran KoSa juga belum meluas secara eksternal. Selain itu, Pandemi COVID19 yang terjadi di Indonesia juga menjadi salah satu faktor penghambat". Ujar salah satu pengelola BUMDes.

Nah, setelah kami mendengar semua penjelasan dari pengelola BUMDes mengenai KoSa, kami berinisiatif untuk mengadakan pendistribusian KoSa ke warung-warung masyarakat Desa Mekarbuana, terutama warung-warung yang berada di tempat wisata di Curug Cigentis dan Curug Bandung. Pendistribusian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemasaran KoSa dan menjadikan masyarakat lebih mengenal lagi akan adanya produk kopi lokal unggulan ini. Kami harap dengan diselenggarakannya kegiatan pendistribusian ini dapat membantu peningkatan pemasaran KoSa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun