Dalam suatu proses pembelajaran, guru akan mengatur seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran, baik bertindak mengajar secara langsung ataupun mengkondisikan siswa agar belajar.
Dalam melaksanakan itu semua, seorang guru pastilah mengetahui dan menetapkan tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, strategi, media yang telah tercantum dalam rencana pembelajaran.
Untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi dari beberapa hal yang telah tersebut diatas, maka perlu dilakukan evaluasi.
Apakah yang dimaksud dengan evaluasi
Pada hakikatnya, evaluasi adalah suatu proses sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu, dan dilakukan dalam rangka pembuatan keputusan.
Dari sini dapat kita simpulkan bahwa hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah kualitas sesuatu.
Dalam ranah BK, evaluasi BK berarti segala upaya, tindakan atau proses untuk menentukan sejauhmana keefektifan pelaksanaan Program BK di sekolah denganmengacu pada kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.
Evaluasi BK menjadi sangat penting, karena informasi hasil evaluasinya dapat digunakan untuk menentukan dan menyusun program baru, mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling serta memberikan informasi pada guru mengenai keterampilan mengajar yang ia miliki, sehingga selanjutnya guru bisa berintrospeksi agar dapat membantu siswa mencapai perkembangan belajarnya secara optimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H