Mohon tunggu...
Latifah Ula Nurjihan
Latifah Ula Nurjihan Mohon Tunggu... Mahasiswa - General Secretary Youthpreneur UMY

Undergraduate Management Student Muhammadiyah Universiti of Yogyakarta -Management Marketing-Digital Marketing -Secretary-Sosial Media Spesialist - Management event-Bussines Property

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Views Titkok Tembus FYP Berkat Pemanfaatan Digital Marketing Bikin Bisnis Kost di Yogyakarta Full Terus!

4 Juli 2024   12:01 Diperbarui: 4 Juli 2024   13:50 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo brand Kosteulaaa| By Latifah Ula

Sukses Bisnis Kost di Yogyakarta Dengan Memanfaatkan Digital Marketing di Tiktok dan Instagram: Views Tiktok Tembus FYP Bikin Bisnis Kost Full Terus! 

Latifah Ula Nurjihan| Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Perkembangan zaman telah membawa perubahan pada era digital saat ini, terutama pada dunia Pemasaran. Pemasaran di era digital saat ini telah berevolusi dari pemasaran secara konvensional menuju pemasaran yang lebih canggih dan inovatif. Salah satu contoh dari fenomena ini ialah pada bisnis kost-kostan bernama Kosteulaaa. Kostuelaaa, merupakan sebuah bisnis kost kostan Putri yang berada di Yogyakarta khususnya untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan sekitarnya. Kosteulaaa berhasil meningkatkan omzet secara signifikan berkat pemanfaatan digital marketing, khususnya melalu media platform Tiktok dan Instagram.

Awal Mula Kosteulaaa 

Tampak depan Kosteulaaa| By Latifah Ula 
Tampak depan Kosteulaaa| By Latifah Ula 

Sebelumnya, Kosteulaaa berdiri pada awal tahun 2022 dengan motivasi terbentuknya bisnis ini adalah seorang mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Muhammdiyah Yogyakarta diberikan sebuah rumah oleh orangtuaya untuk ia huni selama berkuliah. Karna masih tinggal sendiri dengan sisa kamar yang cukup banyak serta melihat adanya peluang yang cukup menjajikan dalam bisnis penyewaan hunian sementara yang nyaman dan terjangkau, akhirnya ia memutuskan untuk membentukan brand Kosteulaaa dengan menyewakan kamar yang tersisa. Pemiliki sangat memahami bahwa dalam merintis usaha ini yang memiliki persaingan ketat memerlukan strategi lain untuk bisa unggul dari pesaing dan pasar yang mana salah satunya iala memanfaat pemasaran digital khususnya pada platform Tikton dan Instagram.

Strategi Pemasaran Digital: Tiktok dan Instagram 

Dalam upaya menembus persaingan yang ketat ini, Kosteulaaa memustuskan untuk memanfaatkan platform pemasaran digital pada media social yang sedang trend saat ini, yaitu Tikto dan Instagram. Platform ini dipilih karena memiliki kapasitas pengguna yang luas serta memiliki engagement yang tinggi, terutama pada Konsumen terget utama Kostuelaaa yaitu mahasiswi yang berkuliah di Yogyakarta.

Tiktok : Membangun Engagement Melalui Video Kreatif  Riview Kosteulaaa

Aplikasi Tiktok dikenal sebagai platform berbagi video pendek yang inovatif dan kreatif. Kosteulaaa memanfaatkan fitur ini dengan mengunggah berbagai konten menarik yang menonjolkan keunggulan dari kost mereka. Berikut adalah beberapa jenis konten yang mereka unggah pada platfor Tiktok:

  • Room Tour:  Kosteulaaa menampilkan video yang berisikan tur keliling ruangan ruangan yang ada di Kosteulaaa tersebut, yang mana menyoroti fasilitas-fasilitas  yang mereka punya seperti ruang tamu, dapur, laundry room, balkon, serta ruangan kamar itu sendiri yang berisikan meja, kursi, lemari, kipasdan juga springbed berukuran 120x200.
  • Konten Kreatif dan Lucu: Kosteulaaa membuat video kreatif yang bersifat hiburan yang mana isinya tetap relevan dengan kehidupan anak kost, seperti fakta unik dan menarik kehidupan anak kost putri.
  • Tips unik Kost Putri: Kostuelaaa juga membuat video edukasi mengenai tips dan trik menjadi anak kost, seperti tips dan trik hidup hemat, tips masak cepat, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun