Mohon tunggu...
Latifah NurChandra
Latifah NurChandra Mohon Tunggu... Guru - guru

suka bercerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial guna Memulihkan Perekonomian Masyarakat bersama KKN-T Unipma 2023

7 Maret 2023   12:10 Diperbarui: 7 Maret 2023   12:19 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Bulu Merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Kondisi lingkungan yang banyak persawahan dan perladang membuat warga lebih banyak mengandalkan kondisi alam untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Bulu yaitu Petani. Sehingga masyarakat cenderung kurang melihat potensi UMKM yang dapat dilakukan. Desa Bulu memiliki 3 Dusun, salah satunya adalah dusun Bulu. Dusun Bulu 1 memiliki lokasi yang sangat luas. Dimana adanya UMKM Sebagai contoh yang sudah ada yaitu UMKM Pentol Chezz dan Catering Utami yang dapat dikembangkan. Potensi itulah yang bisa dikembangkan lebih lanjut untuk mengembangkan potensi UMKM yang ada di Dusun Bulu 1.

Dengan memaksimalkan dan mengembangkan agar potensi UMKM yang dimiliki Dusun Bulu 1 terolah secara maksimal sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan baru bagi Masyarakat setempat.

kami merancang program dengan tema Usaha Mikro Kecil Menengah yang diharapkan bisa menumbuhkan wawasan terhadap masyarakat Dusun Bulu 1 Desa Bulu tentang menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam meningkatkan perekonomian agar bisa produktif dan memiliki taraf kehidupan yang lebih baik . Hasil yang diperoleh kami bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan tentunya dalam meningkatkan Potensi UMKM di Dusun Bulu 1 Desa Bulu dimana Masyarakat dapat menerima aspirasi dan inspirasi yaitu UMKM Catering dan UMKM Pentol yang semoga nantinya dapat berkembang serta menjadi contoh usaha yang ada dan menumbuhkan UMKM baru di Dusun Bulu 1 serta meningkatkan perekonomian Masyarakat Dusun Bulu 1 Desa Bulu.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dampak dari kegiatan yang kami lakukan adalah memberikan kontribusi dalam memperluas pemasaran sehingga produk di kenal dengan jangkauan yang luas. Kami memanfaatkan media sosial sebagai sarana iklan dan juga memberikan identitas pada usaha sebagai luaran dari program kerja. Hal ini bisa di tiru oleh sektor sektor lain dalam menjalankan usaha.

Dari pelaksanaan program UMKM kelompok 49 dapat disimpulkan bahwa untuk memulai hidup yang lebih baik khususnya dalam perekonomian, UMKM termasuk dalam pendorong yang kuat sebagai sumber kehidupan. Dengan adanya banyak potensi yang ada di dusun mampu menyongkong pertumbuhan ekonomi di Desa dan Dusun tersebut. Usaha Mikro Kecil Menengah yang diharapkan bisa menubuhkan wawasan terhadap masyarakat Dusun Bulu 1 tentang menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam meningkatkan perekonomian agar bisa produktif dan memiliki taraf kehidupan yang lebih baik. Hasil yang diperoleh kami bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan tentunya dalam meningkatkan Potensi UMKM di Dusun Bulu 1 dimana Masyarakat dapat menerima aspirasi dan inspirasi yaitu UMKM Pentol Chezz dan Catering Utami yang semoga nantinya dapat menjadi contoh usaha yang ada dan menumbuhkan UMKM baru di Dusun Bulu 1 serta meningkatkan perekonomian Masyarakat Dusun Bulu 1.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun