Mohon tunggu...
Lasroha Tambunan
Lasroha Tambunan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Selama Kuliah

7 Desember 2023   18:17 Diperbarui: 7 Desember 2023   18:35 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo teman teman teman, aku Lasroha Tambunan. Di sini aku akan melanjutkan cerita bagaimana pengalamanku selama di STT TRINITY Parapat. Setelah menceritakan banyak hal bagaimana aku bisa sampai di kampus ini , aku akan menceritakan lagi  bagaimana kehidupan ku di masa perkuliahan. Pada masa awal masuk kuliah   kami menjalani yang namanya  Orientasi Mahasiswa. Senang sekali rasanya bisa mengikuti ospek, karena selama ospek aku dan teman-teman  menggunakan pakaian yang berbeda dengan Kaka tingkat. Dengan suasana yang seperti itu senang sekali rasanya, meskipun saya bermain dengan teman baru tapi  sudah langsung begitu akrab, dan setelah selesai ospek kami mengadakan kumpul bersama dengan dosen dan seluruh mahasiswa. Perkumpulan adalah akhir dari ospek kami.

      Hari pertama kuliah pun dimulai, dan hari itu adalah hari yang menyenangkan. Awalnya aku sedikit takut untuk masuk ke kelas dan bertemu dosen, hehehe wajar lah ya soalnya baru pertama sekali masuk kuliah. Tetapi setelah masuk ke kelas , saya melihat dosen yang begitu baik dan ramah. Apa yang aku takutkan ternyata tidak benar,  ku kira dosennya hanya masuk ke kelas kemudian memberikan materi lalu menjelaskan dan selesai. Setelah masuk kelas kami di suruh bernyanyi dan berdoa sebagai pembuka kelas. Setelah beberapa hari mengikuti perkuliahan, aku semakin akrab dengan teman satu kelas dan tidak canggung lagi saat mengikuti pembelajaran di kelas. Di awal perkuliahan ini saya sangat menikmati perkuliahan, Karena masih belajar bersama hal yang mendasar saja.

Aku memiliki banyak teman  yang berbeda suku seperti teman dari Nias dan Papua. Meskipun kami berbeda suku , Kami sangat akrab dan bahkan kemana mana selalu bersama. Setelah beberapa  bulan kemudian aku memiliki masalah dengan tugas ku , Diaman tugas itu sudah di berikan pada saat pembagian kontrak perkuliahan. Karena aku tidak tahu dengan sistem perkuliahan nya , akhirnya aku mulai ketinggalan dan terlambat mengumpulkan tugas. Karena sudah takut dengan tugas yang begitu banyak ,akhirnya aku langsung mengerjakan nya satu persatu  supaya aku tidak ketinggalan dengan teman-teman yang lain. Saat mengerjakan tugas aku selalu di bantu oleh   Abang tingkat, karena mereka susah lebih mengerti dan mengetahui pembelajaran yang di berikan kepada kami sehingga aku bisa menyelesaikan tugas ku.

     Di tempat perkuliahan aku sangat senang berolahraga. Karena kampus dan Asrama itu berdekatan , jadi setiap selesai kuliah aku dan teman teman selalu pergi olahraga. Kami selalu joging ke dekat danau Toba , karena udara yang sejuk dan pemandangan yang indah kami selalu datang ke tempat yang sama.  Namun Karena peraturan kampus yang berubah kami tidak bisa konsisten melakukan olahraga. Sekarang kami hanya bisa olahraga setiap hari Sabtu pagi saja.
Selama di kampus ini aku merasa senang, karena sudah bisa berkenalan dengan dengan Kaka tingkat lebih dekat. Mulai hari pertama kuliah sampai sekarang aku tidak pernah ada masalah dengan teman dan Kaka tingkat, tapi meskipun tidak ada masalah aku selalu cerita dengan Kaka tingkat bagaimana perasaanku selama berada di kampus ini, dan mereka pun begitu juga selalu menceritakan pengalaman nya mulai asuk kuliah sampai naik ke tingkat yang lebih tinggi. Banyak hal yang ku dapat dari Kaka tingkat , karena mereka sudah lebih berpengalaman di sini , jadi ketika aku membutuhkan sesuatu atau ada tugas yang aku tidak tahu, aku selalu bertanya kepada mereka. 

Sampai lah  pada hari ujian tengah semester di mulai. Hati itu aku belajar dengan keras dan membahas semua pelajaran yang sudah lewat, karena tidak bisa di tebak akan seperti apa bentuk ujian yang akan dilakukan. Hari itu ada Kaka tingkat yang memberikan beberapa materi semester satu, akhirnya aku tau bagaimana bentuk ujian nya dan mulai saat itu aku tau bagaimana cara belajar yang baik dan apa saja yang perlu di pelajari. Meskipun dengan pengetahuan yang bisa di bilang masih minim tentang perkuliahan, aku mengikutinya begitu saja sampai selesai ujian tengah semester.  Setelah selesai  ujian tengah semester seluruh hasil ujian di bagikan, saat itu ada beberapa mata kuliah yang nilainya kurang bagus tapi aku tidak sedih karena aku tau kemampuanku masih sampai sebatas itu, ya meskipun di mata kuliah yang lain masih mendapatkan nilai yang lumayan bagus .

      Semakin lama mengikuti perkuliahan rasanya semakin cape , dan pada saat itu entah kenapa rasanya jadi malas sekali untuk mengikuti kegiatan kegiatan yang lain. Aku merasakan malas yang berlebih dan hanya tidur saja yang saya inginkan. Tetapi meskipun dengan perasaan yang begitu malas aku selalu memaksa diri untuk mengikuti perkuliahan. Pada saat di kelas pun sudah menjadi hal yang membosankan , sehingga apa yang di ajarkan oleh dosen tidak pernah dapat dan tugas pun sudah kembali menumpuk. Di mulai dari berakhir nya ujian tengah semester sampai  memulai ujian akhir semester, hanya ada sedikit tugas Yang aku kerjakan. Karena ini adalah ujian akhir semester, jadi aku lebih semangat untuk mengerjakan tugas tugas yang tertinggal.  Dengan keadaanku yang seperti itu, aku sudah yakin kalo nanti IP yang ku dapat tidak akan sebaik yang ku Kira, tapi meskipun begitu aku selalu mengerjakan tugas meskipun sedikit terlambat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun