PT Sumber Alfaria Trijaya berdiri sebagai perusahaan dagang aneka produk oleh Djoko Susanto dan Keluarga di daerah kebayoran baru Jakarta Selatan. Pada bulan Desember tahun 1989 Djoko Susanto dan keluarganya menjual mayoritas kepemilikannya kepada PT HM Sampoerna TBK. Pada tanggal 1 Agustus 2002 Alfa Minimart (PT Alfa Mitramart Utama) mengakuisisi 141 gerai Alfa minimart dan berganti nama menjadi Alfamart. Kemudian pada tahun 2012 Alfamart mendapatkan penawaran umum terbatas tanpa Hak Memesan Efek terlebih dahulu dan pendiri anak perusahaan PT Sumber Indah Lestari yang bergerak dibidang perdangangan eceran kosmetik. Alfamart berhasil memasuki pasar Medan dan membangun 7000 + gerai beroperasi. Setahun kemudian Alfamart mengakuisisi tambahan saham PT Midi Utama Indonesia TBK dan hal tersebut membuat perubahan nilai nominal saham dari Rp.100 menjadi Rp.10 per lembar saham dan mendirikan anak perusahaan Alfamart Retail Asia Pte. Ltd. Dan menjadi 100% kepemilikan saham. Pada tahun 2014 Alfamart melakukan Usaha Patungan melalui anak perusahaan Alfamart Retail Asia Pte.Ltd dan mendirikan Alfamart Trading Philippines Inc yang berkedudukan di Filipina. Tahun 2019 setelah 20 Tahun Alfamart mengibarkan sayapnya di Indonesia Alfarmart meluncurkan Alfagift yaitu merupakan aplikasi dari Alfamart yang memungkinkan pengguna untuk selalu Up-to-date promosi dan mendapatkan penawaran khusus yang hanya tersedia di Aplikasi. Tahun 2021 Alfamart memasuki pasar Papua dengan membuka 22 gerai Dan tahun 2022 17.813 Gerai Perseroan telah beroperasi. 2.985 gerai anak perusahaan beroperasi. 1.400 + gerai Perseroan beroperasi di Filipina. Kemudian mengelola 3.003 Toko SAPA (Siap Antar Pesanan Anda).
Visi PT Sumber Alfaria Trijaya TVK
“Menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh Masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”
Misi PT Sumber Alfaria Trijaya TBK
- Memberikan kepuasan kepada pelanggan/konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
- Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tinggi.
- Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
- Membangun organisasi global yang terpercaya, sehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
- Tujuan PT Sumber Alfaria Trijaya TBK
- Tujuan Jangka Pendek
- Tujuan Jangka Pendek dari Alfamart tersebut dapat dirasakan oleh pedangan retail kecil yang sudah mulai merasa berkurang daya jualnya. Toko-toko kecil yang jualan kebutuhan sehari-hari sudah mulai kesulitan berjualan barang jualannya.
- Tujuan Jangka Panjang
- Tujuan Jangka Panjang dari Alfamart adalah menguasai distribusi produk dan pasar sudah dikuasai oleh mereka yang secara otomatis pasar telah dikendalikan. Jika hal ini terjadi maka produsennya mau tidak mau harus melalui mereka untuk mendistribusikan produknya.
- PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk memiliki nilai-nilai perusahaan
- Integritas yang tinggi
- Jujur, disiplin, dan konsisten dalam bekerja berlandaskan etika serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan.
- Inovasi untuk kemajuan yang lebih baik
- Kreatif dalam bekerja, berkomitmen untuk melakukan perbaikan cara kerja secara terus menerus.
- Kualitas dan Produktivitas yang tinggi
- Mampu menjalankan tugas serta fokus pada pencapaian hasil kerja yang lebih baik.
- Kerja sama tim
- Terlibat aktif serta mendorong terciptanya semangat dan kekompakan tim.
- Kepuasan pelanggan melalui pelayanan terbaik
- Berinisiasi tinggi memenuhi kebutuhan dan memastikan terciptanya kepuasan pelanggan
- Pada akhir tahun 2023 perusahaan Alfamart telah memiliki 34 pusat distribusi dan lebih dari 19.000 minimarket telah tersebar di Indonesia. Alfamart adalah salah satu pemimpin dalam industry ritel di Indonesia dan telah melayani lebih dari tiga juta pelanggan setiap hari melalui lebih dari 9.800 toko di seluruh negeri dan pada bulan Februari 2024 Alfamart bersama Univesitas Padjajaran (UNPAD) nyata dalam mengembangkan UMKM melalui inkubasi bagi UMKM mitra Alfamart dan sebanyak 25 UMKM binaan Alfamart dilatih oleh para ahli dari pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Unpad, hingga April 2024 secara intensif mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara langsung. Tujuan dari inkubasi ini adalah target performa usaha UMKM binaan Alfamart meningkat 15% hingga 20% dibanding sebelum menjadi peserta Inkubasi Oorange Unpad.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H