Mohon tunggu...
Lasmayuni Purba
Lasmayuni Purba Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya senang mencari hal - hal baru yang dapat membantu saya dalam berinovasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

5 Juni 2023   15:13 Diperbarui: 5 Juni 2023   18:18 802
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Ketika Lokakarya 5 CGP Angaktan 7 Kab. Serdang Bedagai, Dokpri

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam dan Bahagia Ibu dan Bapak Guru Hebat

Saya Lasmayuni Purba, Calon Guru Penggearak Angkatan 7 Kab. Serdang Bedagai dari SMK Negeri 1 Sipispis.

Alhamdulillah wasyukurillah

Akhirnya tiba di penghujung pembelajaran yaitu modul akhir dari Pendidikan Guru Penggerak ( PGP ) Modul 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID. Dan harapan saya meskipun ini modul akhir bukan akhir dari segalanya tetapi awal untuk mengimplementasikannya di sekolah. Saya sangat senang dan bersyukur sekali telah mempelajari modul ini, banyak pembelajaran baru tentang apa, mengapa dan bagaimana yang dinamakan program itu. Seperti biasa saya merefleksikan hasil kegiatan yang saya ikuti di LMS baik itu secara online maupun offline dalam bentuk jurnal refleksi.

Disini saya menyampaikan jurnal refleksi saya dengan model SEGITIGA REFLEKSI.

Dokpri
Dokpri



1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memamhami bahwa . . .

Setelah mempelajari modul 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID,  saya akhirnya memahami bahwa dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid, kita harus secara sadar dan terencana membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran murid sehingga mampu memekarkan mereka sesuai dengan kodratnya. Saat kita merancang sebuah program / kegiatan pembelajaran di sekolah baik itu Intrakulikuler, Kokurikuler maupun Ekstrakulikuler, maka murid juga seharusnya menjadi pertimbangan utama. Karena  sebenarnya murid memiliki kemampuan atau kapasitas untuk mengambil bagian atau peranan dalam proses belajar mereka sendiri.

Mereka berperan aktif dalam memutuskan apa dan bagaimana mereka akan belajar dan lebih mampu menentukan tujuan belajar mereka sendiri.  Hal ini lah yang disebut kepemimpin murid ( student agency). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun