Kenikmatan yang Kurasakan di "Arsitektur Komputer di Jurusan Teknik Komputer POLITEKNIK NEGERI MEDAN"
Â
Arsitektur Komputer adalah salah satu pelajaran saya diperkuliahan di jurusan Teknik Komputer. Awalnya saya heran mengapa di jurusan komputer ada jurusan Arsitektur, karena saya mengira pelajaran yang akan kami bahas adalah tentang menggambar struktur komputer. Karna awal nya saya mengira pelajaran ini munkin akan sangat sulit dan tidak mudah di pelajari, alasannya karna saya tidak begitu suka dengan yang namanya menggambar.
           Pada saat ada jadwal mata pelajaraan Arsitektur Komputer dimana itu adalah hari pertama kalinya kami mempelajarinya , saya sangat penasaran dan terus memikirkan bagaimana cara atau proses pembelajaran di mata pelajaran ini. Dan sampailah pada saat waktunya untuk masuk kelas, dimana pelajaran arsitektur ini akan kami mulai. Yang kemudian masuklah sosok seorang dosen untuk pertama kalinya hadir untuk mengajari kami tentang pelajaran Arsitektur komputer. Yaitu yang bernama bapak Gunawan salah stu dosen di kampus saya di politeknik negeri medan. Dosen saya ini yang orang nya sanagat suka bercanda dansangat sabar mengajari kam, sehingga membuat kami menjadi tidak mudah bosan. Apalagi ketepatan hari jumat, adalah hari yang paling lama pulangnya.
           Kami bangga dengan bapak Gunawan, karena dia adalah dosen yang sangat istimewa. Dia lah dosen arsitektur komputer di Politeknik Negari Medan ini, salah satu yang memiliki karya dari artikel-artikelnya yang terbaik di kompasiana, sehingga bapak Gunawan guru arsitektur kami tersebut pernah di panggil oleh bapak Jokowi ( Presiden Republik Indonesia) untuk datang ke istana merdeka. Yang dipanggil dari 14 orang yang memiliki artikel terbaik di seluruh indonesia, hanya dialah yang berasal dari kota Medan.
           Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian dari Arsitektur komputer?
Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
           Yang kami pelajari juga di pelajaran arsitektur komputer kami membahas struktur dan fungsi. Dimana pengertian dari struktur dan fungsi yaitu :
#Struktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain        #Fungsi adalah Operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
Dan Fungsi, memiliki komponen 4 fungsi: pengolahan data, penyimpanan data, pemindahan data, dan kontrol.