Mohon tunggu...
Larindi AyuKusuma
Larindi AyuKusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Larindi Ayu Kusuma, merupakan salah satu mahasiswi di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Program Studi Ilmu Komunikasi. Sesuai dengan prodi saya sendiri, saya merupakan seseorang yang memiliki minat untuk berinteraksi dengan orang lain. Dan suka juga berkomunikasi melalui lagu, atau dapat disebut juga menyampaikan pesan melalui lagu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Sih yang Hilang atau Terasa Beda dari Ramadhan 2024 Ini?

23 April 2024   07:38 Diperbarui: 23 April 2024   07:44 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai seorang mahasiswa, ada beberapa hal yang mungkin berbeda atau terasa hilang saat memasuki bulan Ramadhan, dibandingkan saat masih menjadi siswa yang setiap hari berada di lingkungan keluarga, berada di rumah, dan ketemu orang tua setiap hari. 2024 merupakan tahun pertama saya menjadi seorang Mahasiswa, dimana awal Ramadhan ini tidak sahur dan berbuka di rumah, lebih tepatnya di kost dan membuat suasana ini mungkin berbeda atau tak terasa sama. Pada saat masih dirumah suasana keluarga sangat kental, biasanya dirayakan bersama keluarga dengan suasana yang sangat hangat dan penuh tradisi.

Rutinitas berbuka dan sahur bersama saat di rumah, biasanya dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Semenjak menjadi mahasiswa, saya harus mengatur waktu dan rutinitas ini sendiri. Yang biasanya bulan Ramadhan saya tidak pernah kesiangan sahur, semenjak saya di kost pernah mengalami kesiangan pada waktu bangun, membuat saya tidak sahur. Ketika sahur atau berbuka di rumah saya membantu ibu ataupun ibu sudah menyiapkan masakan yang ingin di santap untuk sahur dan berbuka puasa, saat ini harus mempersiapkan itu semua secara mandiri.

Suasna rumah sangat kental dengan kegiatan keagamaan di masjid/mushalla dan mungkin lebih sering mengikuti di tempat terdekat. Sebagai mahasiswa, saya harus menyesuaikan dengan lingkungan baru, dengan cara melaksanakan rutinitas ibadah di Masjid Walidah Dahlan Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan masjid dekat kost. Saya sebagai salah satu penghuni Kost Putri Pak Senu Harjo Sangat bersyukur dapat memiliki teman-teman yang selalu mengingatkan akan ibadah di Masjid, ketika saya lagi tidak di dekat keluarga,  mereka mengajak mencari takjil dan ibu kost selalu menawarkan untuk mengajak di masjid terdekat dalam berbuka puasa.

Menjadi mahasiswa merupakan momen yang sangat bermakna untuk kita mahasiswa baru, yang sudah berhasil bertahan puasa, dan belajar untuk menjadi mandiri. Dalam Ramadhan ini dapat menjadi momentum untuk kita bertumbuh dan belajar manjadi lebih mandiri dalam menjalankan ibadah dan juga rutinitas selama bulan suci ini. Dengan kreativitas dan semangat, kita dapat menciptakan suasana ramadhan yang luar biasa sangat bermakna di lingkungan baru kita sebagai mahasiswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun