Mohon tunggu...
Laras Wara Dhinastrini
Laras Wara Dhinastrini Mohon Tunggu... Editor - Social Media & Content Marketing Specialist

Passionate about the latest trends in technology and entertainment

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Chatbot untuk Meningkatkan Customer Experience

12 Maret 2020   14:30 Diperbarui: 12 Maret 2020   14:42 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Chatbot untuk Meningkatkan Customer Experience, Dokpri

Berbagai industri di Indonesia harus beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi disrupsi dan perkembangan teknologi yang cepat. Perkembangan tersebut diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk industri perusahaan Anda. 

Saat ini sudah banyak konsumen yang menggunakan media yang membutuhkan respons cepat untuk menjawab kebutuhan dan keluhan mereka. Sehingga perusahaan harus bisa menyesuaikan layanannya terutama dengan memasukkan lebih banyak teknologi untuk menarik lebih banyak pelanggan, belum lagi perusahaan Anda yang harus menarik konsumen dengan penawaran yang menggiurkan untuk meningkatkan customer awareness maupun untuk meningkatkan customer loyalty. Salah satu teknologi terbaik dan juga lebih murah dalam menarik pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi chatbot.

Chatbot memiliki kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan menirukan percakapan manusia baik dalam text maupun voice. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence tersebut yang memberikan kecerdasan kepada chatbot untuk dapat menilai jawaban yang paling tepat dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh konsumen. 

Artificial Intelligence dapat mengenali jawaban terbaiknya dengan mengetahui kata kunci (keyword) yang diberikan oleh pengguna dan dapat melihat jawaban paling dekat dengan keyword tersebut. Chatbot dirancang berdasarkan Artificial Intelligence dengan segala kemampuannya seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning. Teknologi tersebut yang memungkinkan chatbot lebih luwes dan dapat menyesuaikan dengan karakter atau bahasa sehar-hari sehingga dapat mempertahankan fungsi utamanya untuk melayani konsumen.

Dengan adanya chatbot, perusahaan anda dapat berinteraksi dengan pelanggan lebih mudah dan cepat sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan dapat melayani lebih banyak orang dengan lebih cepat melalui berbagai saluran yang berbeda. Dengan hadirnya teknologi chatbot, pelanggan dapat dengan mudah menanyakan sesuatu ataupun mengajukan pertanyaan maupun komplain.

Berbagai keunggulan yang dimiliki chatbot dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda. Dengan menggunakan chatbot, perusahaan Anda lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. 

Selain itu, chatbot juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun konsumen bertanya, akan dengan mudah dijawab oleh chatbot. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga chatbot dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda.

Sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan chatbot atau smart chat assistant untuk efisiensi bisnis serta menciptakan kepuasan pelangggan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan customer experience perusahaan Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun