Mohon tunggu...
laras sastri
laras sastri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi 100% Institut Pariwisata Trisakti S1 Kewirausahaan 2023

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Perlu Dipahami, Ini 4 Pelajaran Untuk Memulai Bisnis UMKM

16 Juli 2024   21:54 Diperbarui: 16 Juli 2024   21:59 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber Ilustrasi: pexels/Christina Morillo)

Jika ingin mendirikan sebuah usaha, Anda perlu memiliki pengetahuan-pengetahuan penting tentang bisnis. Bisa dimulai dari mencari ide, keuangan, pemasaran, produksi dan lainnya. Namun, mempunyai ide bisnis yang baik saja tidaklah cukup. Anda butuh beberapa hal lain seperti tim, waktu, material, dan seringkali urusan finansial yang matang untuk menjadikan ide bisnis tersebut menjadi peluang sukses.

Untuk memulai bisnis bukanlah tugas yang mudah. Banyak sekali tantangan dan hambatan yang akan Anda hadapi sebagai seorang wirausahawan. Apalagi, jika Anda merupakan seseorang yang belum mempunyai latar belakang berbisnis. Tidak sedikit pengusaha yang memilih gulung tikar dalam waktu singkat. Salah satu kondisi tersebut adalah kurangnya persiapan yang matang dalam perencanaan mendirikan usaha.

Perlu untuk mempelajari semua secara otodidak, agar bisa mengaplikasikannya kepada bisnis yang akan dijalani. Bila ingin usaha UMKM Anda sukses, bisa ikuti beberapa cara di bawah ini :

1. Menentukan Nilai Produk (Value Proposition)

Pertama, menentukan layanan atau produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Jangan lupa berikan penjelasan bagaimana produk tersebut memiliki keunikan atau nilai lebih yang berbeda dari produk serupa lainnya.

2. Segmentasi Pelanggan (Customer Segments)

Menentukan siapa saja calon pelanggan Anda dengan mempelajari informasi tentang usia, lokasi tempat tinggal, tingkat pengeluaran, perilaku konsumen, karakteristik, dan faktor-faktor lain.

3. Kualitas Produk dan Layanan

Untuk meningkatkan mutu produk dan layanan, Anda perlu berinovasi dan mendengarkan umpan balik dari konsumen. Kepuasan konsumen akan membawa dampak positif pada loyalitas dan kesuksesan bisnis.

4. Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relationship)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun