Mohon tunggu...
Larasati Diah Pitaloka
Larasati Diah Pitaloka Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa uin malang jurusan tadris matematika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penggunaan Media PANTIK Pada Pembelajaran Matematika

30 Mei 2024   15:08 Diperbarui: 30 Mei 2024   16:33 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kelas X-B MAN 1 Kediri

Media pembelajaran adalah alat atau sarana yang digunakan dalam proses pendidikan untuk membantu menyampaikan informasi dan memfasilitasi pembelajaran siswa. Media pembelajaran dapat berupa berbagai bentuk, baik itu benda fisik, seperti buku, alat peraga, atau model, maupun media digital, seperti video, animasi, presentasi multimedia, atau aplikasi interaktif. Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran ialah meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran matematika di kelas X-B MAN 1 Kediri adalah papan statistika. Media Papan statistika merupakan media visual konkret yang dapat digunakan dengan tujuan agar siswa mudah memahami materi statistika pada pembahasan mean, median, serta modus dalam bentuk data tunggal

kelas X-B MAN 1 Kediri
kelas X-B MAN 1 Kediri

Selain itu, pada program Asistensi Mengajar yang penulis laksanakan menjadi upaya bagi saya bagaimana memberikan pelajaran yang menarik bagi murid, terutama pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika dianggap sulit oleh sebagian siswa sehingga siswa akan merasa malas jika ada pelajaran matematika. Karena itu penggunaan media pembelajaran seperti papan statistika bisa membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan mereka mudah paham dengan materi statistika yang diajarkan. Pada kurikulum merdeka ini siswa diharuskan aktif dalam pembelajaran, pembelajaran tidak hanya terpusat oleh guru. Guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Maka dari itu diharapkan, penggunaan media ini bisa membuat siswa lebih paham tentang materi.

Masih banyak lagi media yang bisa dikembangkan oleh para guru dalam melaksanakan pembelajaran seperti seperti buku, alat peraga, atau model, maupun media digital, seperti video, animasi, presentasi multimedia, atau aplikasi interaktif. Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan dalam hasil hasil teknologi dalam proses belajar. Hal tersebut menuntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Guru seharusnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana tetapi merupakan keharusan dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Untuk itu, guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun