Mohon tunggu...
Laras Cipto Kurniati
Laras Cipto Kurniati Mohon Tunggu... Guru - Guru Peserta Didik Tunadaksa

hi.. saya adalah seorang ibu dari seorang anak perempuan yang cantik dan juga seorang ibu dari anak didik saya di sekolah luar biasa khususnya peserta didik dengan hambatan fisik. Mari kita berbagi praktik baik dalam forum ini ya.. :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Memakai Bodycare bagi Peserta Didik Tunadaksa

15 Desember 2022   10:20 Diperbarui: 15 Desember 2022   10:37 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Hai hai.. 

hari ini aku akan berbagi tentang mengajarkan peserta didik tunadaksa program khusus dengan menggunakan kurikulum terbaru yaitu merdeka belajar. kali ini hal yang akan diangkat yaitu terkait program khusus bagi peserta didik tunadaksa elemen mengurus diri, dengan capaian pembelajaran menggunakan body care yaitu deodorant, bodylotion dan parfum. setelah menentukan elemen apa yang hendak kita ajarkan dan memilih capaian pembelajaran yang memiliki keurgenitas untuk segera diajarkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus sesuai dengan hasil asesmen yang telah dilakukan.

setelah itu, guru merumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, tentu dengan melihat kisi-kisi dari kata kerja operasional. kali ini tujuan pembelajaran yang dirumuskan yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik tunadaksa jenjang SMALB pada mata pelajaran program khusus mengurus diri yang disebabkan belum terciptanya kesadaran diri terkait penggunaan Body Care dengan menggunakan Model pembelajaran Direct Instruction dan Metode Demonstrasi di SLB Negeri 1 Bantul.

Latar Belakang dari dilakukannya pembelajaran ini yaitu karena belum tumbuhnya kebermaknaan dalam pembelajaran pada peserta didik. Sehingga dalam prosesnya diperlukan model, metode dan media pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan peserta didik dalam belajar. Praktik baik ini dilakukan juga agar pelaksanaan dalam pembelajaran ke depannya akan lebih terukur dan berorientasi pada tingkat keberhasilan yang berkesinambungan antara aspek pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik. Sehingga metode demonstrasi diterapkan dalam pembelajaran ini. dalam praktik baik ini guru memiliki peran penting dan tanggungjawab utama dalam membimbing dan mengakomodasi peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, rekan sejawat pun memiliki peran dalam memberikan tanggapan ataupun masukan terhadap praktik baik ini.

Yang terlibat dalam proses pembelajaran dalam praktik baik ini yaitu :

1. Guru yang berperan sebagai akomodator dalam proses pembelajaran.

2. Peserta didik yang berperan sebagai obyek dalam proses pembelajaran

3. Teman sejawat, berperan dalam membantu praktikan seperti memberikan solusi dan membantu dalam mendukung kegiatan rencana aksi

Dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tentu guru pun menghadapi beberapa tantangan, antara lain :

 1. memilih masalah yang terjadi pada kelas dengan memperhatikan urgensi dan fungsionalitas bagi peserta didik tunadaksa yang telah di usia remaja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun