Kalau kamu pikir hashtag di judul ini adalah sebuah kampanye terhadap perkebunan sawit, teeet kamu salah. Ini adalah hashtag tahunan yang mungkin tidak asing lagi untuk para pengguna Twitter yang sudah aktif sejak lama.
Ya, seinget saya tahun 2011 adalah awal di mana #sawityowit muncul saat bulan Ramadan, tepatnya waktu sahur. #Sawityowit sendiri maksudnya adalah "sahur with your twitter".
Intinya sih ini main plesetan doang dan tiap hari bakal dikasih tema berbeda. Bisa hewan, buah, artis, dan lain-lain. Dalam satu twit, kamu bertanya dan kamu langsung jawab sendiri, disertai hashtag #sawityowit. Contoh:
Binatang apa yang asma? CICAK napas. #sawityowit
Kira-kira gitu lah...
Saya dulu hampir selalu ikutan sampai juga tahu ada penyanyi yang gak terima namanya dijadiin plesetan hahaha.
Setidaknya yang saya tahu ada 4 figur publik yang menggagas keseruan ini, Oom Leo, Dagienz, Desta, dan Vincent Rompies. Bahkan sampai ada akun bernama @sawityowitwatch yang "mengkurasi" ratusan twit yang dianggap layak untuk di-retweet.
Saking booming-nya, kalau gak salah pernah ada brand yang sponsorin si #sawityowit ini.
Nah setelah beberapa tahun para penggagasnya ini vakum ber-#sawityowit (walaupun tetap ada netizen lain yang bermain secara independen), akhirnya di Ramadan tahun ini mereka hadir kembali. Ditandai dengan pancingan Desta.
#sawityowit mau mau mau? Beneran mau? Berapa RT.. berapa reply.. berapa like?--- Deddy Mahendra Desta (@desta80s) April 23, 2020
Mungkin ini imbas dari berhenti tayangnya program Vincent-Desta, Tonight Show selama bulan Ramadan (atau selamanya?). Ini juga efek pandemi Covid-19 yang membuat para host memilih untuk di rumah aja. Desta mengaku kalau ia tidak mengambil pekerjaan di televisi selama bulan puasa ini.