Mohon tunggu...
KKN Panjang 2024
KKN Panjang 2024 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Terapkan Pembelajaran Efektif dan Penambahan Fasilitias Pojok Baca, Tim KKN UNTIDAR Ajak Anak-Anak RW. 8 Belajar di Alam Terbuka Serta Peduli Literasi

6 Agustus 2024   14:36 Diperbarui: 6 Agustus 2024   14:41 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokumentasi pribadi

Magelang - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar Kelurahan Panjang Tahun 2024 melaksanakan Program Kerja Pembelajaran Efektif yang Menyenangkan di Ruang Terbuka. Program ini dilaksanakan di lingkungan RW.8 Kelurahan Panjang yang bertempat di Pendopo Kampung Habitat Bogeman Wetan Kelurahan Panjang. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari senin dan kamis yang di mulai pada pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai. 

Inisiatif program ini muncul sebagai respons terhadap kondisi dan kebutuhan yang ada di lingkungan RW.8, di mana masih terdapat anak yang putus sekolah dan memerlukan bimbingan khusus untuk belajar. Meskipun banyak dari mereka yang sudah bersekolah, tetapi masih terdapat anak yang mengalami kesulitan dalam hal membaca dan fokus saat belajar. Program ini dirancang untuk memberikan dukungan belajar yang intensif dan berkualitas sehingga harapan kedepannya dapat membantu meningkatkan minat belajar, kemampuan akademik mereka khususnya dalam hal membaca dan memahami materi pembelajaran yang diberikan. Program belajar efektif di ruang terbuka ini berguna untuk mendapatkan lingkungan yang nyaman, meningkatkan kreatifitas dan inovasi anak, meningkatkan konsentrasi anak dan memberikan motivasi belajar yang lebih tinggi.

Kegiatan yang diadakan seminggu dua kali ini dilakukan di Pendopo Kampung Habitat Bogeman Wetan RW.8 Kelurahan Panjang. Tempat tersebut dianggap memadai untuk dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar secara menyenangkan. Kegiatan pembelajaran tidak terlaksana seperti pembelajaran pada umumnya yang duduk diam di kelas, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan, dapat belajar sekaligus bermain, tidak formal, akan tetapi ilmu yang diberikan dapat terserap dengan baik. Pembelajaran ini menargetkan anak-anak TK sampai SD untuk lebih menggunakan waktu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dibanding bermain game atau tidak melakukan apapun. Kegiatan pembelajaran dimulai ketika masa liburan semester berlangsung, sehingga waktu kosong anak-anak RW.8 menjadi lebih bermanfaat dan berkesan. Dalam kegiatan ini Kelompok KKN Universitas Tidar mengajarkan mata pelajaran akademik seperti Matematika, Bahasa Inggris dan juga non-akademik yaitu prakarya untuk mengasah kreatifitas anak-anak dan juga menarik minat mereka dalam pembelajaran yang diadakan. Tidak hanya itu, untuk anak-anak yang belum dapat membaca, Kelompok KKN Universitas Tidar juga memberikan pembelajaran secara individu per individu agar memudahkan anak-anak dalam menyerap pembelajaran yang diberikan.

Kelompok KKN Universitas Tidar juga melakukan pengajaran dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti, penggunaan metode seperti kuis, tanya jawab, pemberian hadiah, dan menyanyi juga menjadi metode yang digunakan agar anak-anak menjadi lebih semangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, Kelompok KKN Universitas Tidar juga memberi perhatian lebih pada anak yang tertinggal secara akademis dengan pembelajaran pribadi, seperti kegiatan membaca dan menghitung.

Selain melaksanakan program pembelajaran efektif, tim KKN Untidar juga membuka pojok baca yang bertempat di Ruang Publik RW.8 Kelurahan Panjang. Pojok Baca merupakan tempat yang letaknya di sudut ruangan dan dilengkapi dengan buku-buku dalam berbagai macam genre. Macam-macam buku yang tersedia di Pojok Baca ini, seperti buku pelajaran dan cerita anak-anak dan buku majalah dan keilmuan lainnya. Pembuatan Pojok Baca di Ruang Publik ini merupakan upaya untuk meningkatkan literasi anak-anak RW.8. Dengan meningkatkan literasi anak-anak, diharapkan nantinya anak-anak RW. 8 akan gemar dan menambah keterampilannya dalam membaca, menambah keterampilan, serta menambah wawasan mereka.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pojok Baca  ini, masyarakat turut berpartisipasi di dalamnya. Hal ini tampak dari keterlibatan orang tua dalam kegiatan literasi, seperti dengan mengadakan acara membaca bersama keluarga, juga sekumpulan anak-anak yang menggunakan waktu luang mereka untuk membaca. Komunitas lokal juga dapat turut terlibat dalam mendukung eksistensi pojok baca, baik dalam bentuk donasi buku maupun keterlibatan dalam kegiatan literasi. Pengembangan anak-anak untuk menetapkan tujuan pembelajaran pribadi dan memberikan pengakuan atas pencapaian mereka untuk meningkatkan motivasi belajar. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan anak-anak di Kelurahan Panjang dapat lebih termotivasi untuk belajar dan meningkatkan minat baca mereka.

img-20240806-wa0039-66b1cce134777c4174642662.jpg
img-20240806-wa0039-66b1cce134777c4174642662.jpg

Sumber: dokumentasi pribadi


Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, masih terdapat beberapa anak yang belum memiliki inisiatif untuk ikut belajar dan bermain sendiri. Hal ini yang menjadi urgensi untuk kami tangani sesegera mungkin agar terciptanya pembelajaran efektif dan menyenangkan yang diharapan. Di samping itu, sebagian besar anak-anak yang ada sudah sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Harapannya ke depan, setelah terlaksananya kegiatan pembelajaran efektif dan Pembangunan Pojok Baca dapat memberikan kebiasaan yang baik dan membangun semangat belajar yang tinggi pada anak anak di RW.8 Kelurahan Panjang, serta meningkatkan kebiasaan literasi yang bermanfaat positif bagi masyarakat RW.8 Kelurahan Panjang.


Sumber: dokumentasi pribadi
Sumber: dokumentasi pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun