Lapas Palembang Berikan Pengarahan dan Sosialisasi untuk Warga Binaan
Palembang, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Palembang berikan pengarahan dan sosialisasi untuk warga binaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan di lapas, serta memberikan informasi dan motivasi kepada warga binaan, Selasa (9/1).
Kegiatan ini diawali dengan pengarahan dari Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP), yang membahas tentang standarisasi kamar hunian dan tata tertib lapas/rutan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 6 Tahun 2013. Ka.KPLP, Irdiansyah Rana menekankan pentingnya menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan kamar hunian, serta mengikuti aturan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak lapas.
Selanjutnya, pengarahan dari Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU), Kurniawan Wawondos terkait fasilitas yang disediakan lapas kepada warga binaan. Kabag TU menjelaskan bahwa lapas menyediakan fasilitas seperti air bersih, listrik, kesehatan, pendidikan, olahraga, dan keterampilan bagi warga binaan. Kabag TU mengimbau agar warga binaan memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik dan bertanggung jawab, serta tidak merusak atau mencuri fasilitas tersebut.Kemudian, pengarahan dari Kepala Bidang Administrasi dan Keamanan (Kabid Adm. Kamtib), M. Hendra Ibmansyah terkait kedisiplinan dan peringatan untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan. Kabid Adm Kamtib mengingatkan bahwa warga binaan harus menghormati hak dan kewajiban sesama warga binaan, petugas lapas, dan masyarakat. Kabid Adm Kamtib juga menegaskan bahwa warga binaan yang melanggar aturan atau terlibat dalam tindak pidana akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.koperasi kepada warga binaan. Pihak koperasi menyampaikan bahwa warga binaan dapat membeli barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, sabun, pasta gigi, dan lain-lain di koperasi lapas. Pihak koperasi juga menjelaskan bahwa warga binaan dapat membayar barang tersebut dengan menggunakan uang elektronik yang dapat diisi melalui transfer bank atau deposit tunai. Pihak koperasi mengharapkan agar warga binaan bertransaksi dengan jujur dan tertib.
Terakhir, penjelasan sistem penjualan dan mekanisme yang dilakukan pihak
Kegiatan pengarahan dan sosialisasi ini mendapat respon positif dari warga binaan, yang mengaku mendapatkan informasi dan motivasi yang bermanfaat. Warga binaan berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan rehabilitasi mereka. (Humas Lameta)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H