Solusi untuk masalah keterbatasan akses Digital Marketing bagi pelaku UKM Indonesia
Salah satu kesulitan produk UMKM indonesia untuk bisa hadir dalam persaingan bisnis online adalah katerbatasan pelaku UKM dalam akses teknologi IT dalam hal ini digital marketing.
Transkasi melalului internet selama tahun 2013 menurut data dari kominfo telah mencapai 130 trilyun rupiah, dengan pengguna internet telah mencapai 80 jt netizen.
Sayangnya pasar online domestik yang demikian besar masih belum bisa dinikmati oleh para pelaku UKM indonesia, pasalnya mereka memiliki keterbatasan akses teknologi digital marketing.
Berbagai upaya telah di lakukan pemerintah dengan melakukan pelatihan bisnis online bagi UKM, namun hal ini tidaklah mudah, sebab ketrampilan untuk menguasai teknik berjualan online memang memerlukan ketekunan khusus, yang hal tersebut tidak mudah di lakukan oleh para pelaku UKM, apalagi mereka tentunya juga fokus pada produksi barang mereka sendiri.
Alhasil kebanyakan dari mereka mengambil jalan pintas dengan membuat web-blog dengan membayar kepada para webmaster, namun hal tersebut bukan merupakan solusi malah akhirnya menjadi beban. Sebabnya adalah pertama: ketika website sudah online perlu di lakukan teknik internet marketing seperti SEO atau pun kampanye online, supaya web tersebut mudah di temukan oleh konsumen yang menjadi target market. kedua : updating produk tidak bisa di lakukan sendiri oleh para pelaku UKM sehingga webnya statis dan produknya tidak pernah ada update, produk terbaru tidak terpampang di web dan produk lama yang terpampang di web persediaan sudah habis, untuk melakukan updating harus mengeluarkan biaya lagi, alhasil ini menjadi beban, belum lagi tidak ada penjualan dari web yang di buat sebab tidak ada strategi internet marketing yang di jalankan.
Semantara pasar online domestik kita semakin di serbu oleh produk-produk asing utamanya dari China, Thailand,Malaysia dan Amerika. Produk-produk asing ini sebenarnya merajai pasar online domestik kita karena di pasarkan oleh para pemasar online domestik, yakni mereka yang kita sebut sebagai internet marketer atau pebisnis online.
Para internet marketer domestik lebih suka memasarkan produk asing karena hanya satu alasan, produk-produk asing tersebut terlah tersedia dalam bentuk platform bisnis online. Yakni sebuah platform yang memungkinkan para internet marketer tersebut ikut memasarkan produk-produk tersebut dengan komisi yang jelas dalam setiap penjualan produknya secara online. Selain itu produk tersebut juga sudah tersedia photo produknya dalam bentuk photo produk profesional dan detil sehingga menarik untuk di hadapkan kepada mata para pembeli online, juga setiap produk memilki deskripsi yang jelas.
Terlebih lagi Platform bisnis online tersebut juga menyiapkan cara mengambil photo dan deskripsi produk dengan mudah sehingga para internet marketer mudah menampilkannya di setiap blog-web atau sosial media jualan online yang mereka miliki.
Lanjar.com Mempertemukan Produk UKM dengan Pebisnis Online
Platform bisnis online yang menjadi solusi bagi produk UKM untuk bisa tampil secara online dalam platform toko online dengan gratis semudah upload photo pada facebook dan dengan mudah bertemu dengan para pebisnis online yang membutuhkan produk untuk di jual online telah tersdia di indonesia dengan hadirnya Lanjar.com