Mohon tunggu...
Nurfadhilah Auliana Muhtadin
Nurfadhilah Auliana Muhtadin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Hi this is me, I like the sky so much like i like ur smile(:.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberian Skor dan Nilai dalam Evaluasi Pembelajaran

26 Juni 2024   22:28 Diperbarui: 26 Juni 2024   22:30 409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

          Memberikan skor dan nilai adalah elemen penting dalam sistem pendidikan yang digunakan untuk menilai pencapaian akademis siswa dan memberikan gambaran tentang tingkat pemahaman mereka. Meskipun metode ini sudah lama diterapkan, beberapa permasalahan yang menjadi perhatian dan kejadian, seperti keakuratan skor dan nilai yang terdapat, dampak psikologis terhadap siswa, variasi gaya belajar, serta keadilan dan objektivitas dalam penilaian.

Tujuan Pemberian Skor dan Nilai

Pemberian skor dan nilai memiliki tujuan utama untuk mengukur kemampuan, sikap belajar, dan hasil belajar siswa dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian, evaluasi pembelajaran dapat digunakan untuk merencanakan, menerima, serta menyediakan informasi yang diperlukan untuk membuat pilihan ketetapan yang tepat. Evaluasi ini juga membantu dalam mengetahui kinerja anak dan perkembangan mereka menuju tujuan atau nilai yang telah ditetapkan pada kurikulum.

Teknik Pemberian Skor dan Nilai

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam memberikan skor dan nilai, diantaranya:

1. Penilaian Acuan Patokan (PAP)

Penilaian acuan patokan ini menggunakan standar mutlak atau kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Nilai diberikan dengan membandingkan skor mentah siswa dengan skor maksimal ideal.

2. Penilaian Acuan Norma (PAN)

Penilaian acuan norma membandingkan hasil belajar siswa dengan hasil belajar siswa lain dalam kelompok yang sama. Skor siswa ditentukan berdasarkan perolehan skor dalam kelompok tersebut sebagai acuan.

3. Penilaian dan Interpretasi Hasil Tes

Penilaian dan interpretasi hasil tes menggunakan berbagai metode untuk menilai dan menginterpretasikan hasil tes, termasuk pendekatan PAP dan PAN. Interpretasi hasil bertujuan untuk menentukan sejauh mana siswa menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diuji.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun