Mohon tunggu...
Landra Iswandi
Landra Iswandi Mohon Tunggu... Guru - guru

HOBI OLAHRAGA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengunaan Metode PJBL dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistim

10 Juni 2024   16:43 Diperbarui: 10 Juni 2024   17:13 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teori dan strategi pembelajaran  harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan kebutuhan peserta didik. Salah satu teori menekankan pentingnya pengalaman langsung dan pembelajaran yang aktif  . Dalam teori ini,Siswa didorong untuk membangun pemahaman mereka sendiri melalui eksplorasi dan penemuan. Strategi yang bisa diterapkan antara lain pembelajaran. Keuntungan utama dari metode PJBL adalah:

1.Kolaborasi: Siswa belajar bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, memperkuat keterampilan Sains  dan kemampuan berkolaborasi.

2.Pemahaman Mendalam: Dengan menjadi "ahli" pada bagian tertentu dari materi, siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang topik tersebut.

3.Pertanggungjawaban Pribadi: Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk memahami materi mereka, karena mereka akan harus membagikannya dengan anggota kelompok lainnya.

4.Keterlibatan Aktif: Siswa aktif terlibat dalam proses belajar mereka, baik sebagai pembelajar maupun sebagai guru bagi rekan-rekan mereka.

5.Peningkatan Keterampilan Sains : Metode ini mempromosikan komunikasi antar-siswa, pengembangan keterampilan interpersonal, dan pembentukan hubungan positif antar-siswa.

6. Pemberdayaan Siswa: Siswa merasa lebih bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, karena mereka memiliki peran aktif dalam proses tersebut.

Metode PJBL memerlukan perencanaan yang cermat dan dukungan yang kuat dari guru untuk memastikan bahwa kelompok-kelompok bekerja secara efektif dan bahwa semua siswa terlibat dalam proses belajar.

Sebagai contoh, di SMPN 2 Dumai, guru dapat menerapkan pembelajaran metode PJBL dalam mata pelajaran IPA. Metode praktek ekosistem di SMP adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung dan interaksi siswa dengan lingkungan sekitarnya.

Tentang metode PJBL pada ekosistim ini:

1.Pengalaman Langsung: Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dengan mengamati, menyelidiki, dan berinteraksi dengan lingkungan alam mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun