Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Seorang petani yang menyukai menulis disaat waktu senggang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cara Mengaktifkan Rekening yang "Dormant" Atau Sudah Lama Tidak Aktif

9 Februari 2022   11:50 Diperbarui: 9 Februari 2022   12:52 27823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ilustrasi CS BRI | (aset: money.kompas.com)

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis, dan saya yakin semua pasti paham cara mengaktifkan rekening yang sudah lama mati. Akan tetapi, tulisan ini hanya untuk berbagi pengalaman penulis saja.

Pada hari Senin, 7 Februari 2022, kebetulan salah satu adik sepupu saya mentransfer sejumlah uang ke rekening BRI lama. Saat itu, kemudian ia menchat saya melalui WhatsApp, "Bang, uangnya sudah saya kirim ya!." 

Sebenarnya saya sudah memberikan rekening BRI yang aktif kepadanya, namun ia mengaku jika menyimpan setiap nomor rekening di catatan smartphone-nya. Jadi, ada ketidak fokusan memilih rekening yang aktif dan yang lama.

Kemudian saya mencoba mengecek rekening saya melalui mobile banking, kemudian saya melihat tidak ada yang bertambah. Lalu, kemudian saya menchat ulang sepupu saya, "kok, belum masuk ya?". Kemudian, ia mengirimkan struk atau resi transaksi.

Saya tidak terpikirkan untuk melihat nomor rekening di resi tersebut, lalu timbul asumsi jika mungkin BRI mungkin mengalami gangguan jaringan.

Setelah menunggu hingga setengah hari, tiba-tiba SMS masuk dari "NOTIF BRI" yang berisikan pesan "Sobat BRI pada tanggal 7/2/22 ada uang masuk sejumlah ini ke rekening 3353******.

Dan, kemudian saya langsung mencek resi yang dikirimkan tadi dan benar saja itu adalah nomor rekening yang sudah lama mati sekitar lima tahunan gitu. Kemudian saya menelpon sepupu saya, "Dek, sepertinya kamu salah kirim, soalnya itu rekening saya yang lama "

Kemudian sepupu saya pun langsung down karena salah kirim, dan itu terbukti dari suaranya yang gagap-gagapan. Karena panik, saya pun mencoba menenangkan sepupu saya, "jangan terlalu panik dek", saya coba telpon CS BRI dulu ya".

Kemudian saya menelpon CS BRI di 14017, setelah terhubung kemudian saya dialihkan ke layanan konsumen. Saat itu saya menceritakan kronologis kejadian tentang sejumlah uang yang masuk ke rekening lama saya.

Kemudian CS pun berkata, "biasanya transaksi di rekening mati transaksinya akan gagal pak", kemudian CS mencoba membantu saya dengan mengecek rekening saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun