Gurumerupakansosokyangmempunyaiperanpentingdidalammembangundanmencerdaskangenerasipenerusbangsaini. Ada banyakhal yang perludiperhatikandidalampencapaiansuatutujuantersebut,diantaranyaadalahtentangbagaimanasosokdarigurutersebut, terutamadalamhalketerampilan yang iagunakandalammetodedan media saatmelakukanpembelajaran di kelas. Bukanhanyadarihaltersebut,kitajugabiasmelihatbagaimanapencapaiandari guru tersebutdalamhalkarakterisik guru ideal propesionaldarisosok guru tersebut. Jikamelihatpermasalahansaatini, banyakpermasalahan yangbiasmenjadipenghambatuntukbiasmencapaitujuantersebutnamunjugaadafactorpendoronghaltersebut.
Berbicaratentangguru sosiologisaatini, tentuakanmenjadihalmenarikuntuk
diperbincangkan. Terutamatentangbagaimanametodedan media pembelajaran
yangtelah digunakan olehguru sosiologisaatini.Beberapahari yang lalusaya
pernahmewawancaraisalahseorangguru sosiologitentangmetodedan media
pembelajaran yang iagunakanketikamengajardikelas. Guru tersebutmemaparkan
bahwametode yang iagunakandalammengajarbanyakmenggunakanmetodediskusi
dankadang-kadangceramahdenganmengkaitkanisinyadenganbagaimanakeadaan
masyarakatsaatini, iajugaselalumenggunakan media pembelajaran yang telah
diberikanolehpemerintahketikamengajar. Iamenggunakan media pembelajaran
sepertiLCD yangselaluiagunakanuntukmenampilkanbeberapagambardanisi
materi yang iaakanajarkanlewat power point,karenabiasanyacaratersebutbisa
menarikperhatiansiswalebihbanyakdaripadahanyadenganmenulisdipapantulis.
Terkadang gurutersebutmengajaksiswanyamelakukansuatupenelitiantentangkeadaansuatumasyarakattertentu, namunsayangnya programinikadangkadangdiizinkanolehkepalasekolah, inidikarenakanolehhaltertentusehinggasiswaterkadanghanyamendapatilmu-ilmudasarnyasajatentangpenelitian, sehinggapengajarandarimateripenelitian yang diberikanoleh guru menjaditidak optimal.
Lalubagaimanadengan guru sosiologi yang lain yang sudahoptimaldalamhalmetodemengajarnamunbelummemahamisepenuhnyatentang media pembelajaran yang saatinilebihbaikjikadibandingkandengan media pembelajaransebelumnya yang hanyadenganmenggunakan media pembelajaranlewatpapantulisdidalammenjelaskanmateridanmembuatsiswajadikurangbersemangatuntukmengikutipembelajarantersebut.Tentunya proses pembelajarandalamkelasmenjadikuranggreget.
Melihatbagaimanapsikologisiswasaatini, dimanasiswasangatsukadenganhalhalbarudalam proses pembelajaran, makaalangkahbaiknyadengan proses belajarmengajarlebihbanyakmenggunakan LCD yang disambungkanlewat computer/laptop, karenadenganmenggunakancaratersebuttentu guru akanlebihmudahdalammengajar, misalkandenganmenampilkan video tentangsuatukonflikdidalammasyarakatatau pun tentangkenakalanremaja. Makadenganadanya LCD guru hanyaperlumencari video tersebut yangkemudianditampilkankesiswa.Setelahituparasiswamencaribagaimanasolusidaripermasalahantersebutlewatdiskusidandibimbingoleh gurutersebut.Bukanmalahhanyamemberikantugaskepadasiswatanpaadabimbinganterlebihdahulutentangbagaimana format tugas yang akandikerjakan. Dan akhirnyaketikasiswamengumpulkantugasdanternyataformatnyasalah, eh malahsiswa yang kenamarah.Ini yang membuatpsikologidarisiswamenjaditertekandanmulaiberpikiranehkepada guru tersebut.
Adanyabanyakmetodepembelajaran yang baik untuk digunakan guru sosiologididalammengajar, versipenulis :
1.Metode Inquiry Learning
- Observasi/pengamatan menyangkut tentang sosial dan lain lain
- Mengajukan pertanyaan tentang keadaan sosial
- Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban
- Mengumpulkan data yang terkait dengan dugaan atau
pertanyaan yang diajukan
- Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang
telah diolahatau dianalisis
2. Metode Discovery Learning by Teacher vs Student
- Stimulation (memberi stimulus)
- Problem Statement (Mengidentifikasi masalah)
- Data Collecting (mengumpulkan data)
- Data Processing (mengolah data)
- Verification (memperifikasi)
- Generalization (menyimpulkan)
3.MetodeProblem Based Learning
- Mengorientasi peserta didik pada masalah
- Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
- Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
- Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
- Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
4.MetodeProject Based Learning
- Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek
- Mendesain perencanaan proyek
- Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek
- memonitor kegiatan dan perkembangan proyek
- Menguji hasil
- Mengevaluasi kegiatan/pengalaman
Media yang bagus digunakan oleh guru sosiologi didalam mengajar,
versi penulis :
1. Media visual = Media yang hanya dapat dilihat saja.
- Foto
- Gambar
- Poster
- Kartun
- Grafik
2. Media Audio = Media yang hanya bisa didengar
- Kaset Audio
- Mp3
- Radio
3.Media Audio Visual= Media yang bisa dilihat dan didengar
- Film Bersuara
- Video
- Televisi
- Sound Slide
4. Multimedia = media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap
- Animasi
5.Media Realita = media nyata yang ada di lingkungan, baik yang sedang
digunakan maupun diawetkan.
- Hewan yang diawetkan
- Tempat bersejarah
Sekian Informasi yang saya berikan tentang metode dan media pembelajaran guru saat ini. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H