Mohon tunggu...
Lalu Wahyu Harits Aswili
Lalu Wahyu Harits Aswili Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Iniversitas Mataram,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Metode dan Media Pembelajaran Guru (S)

3 April 2015   08:00 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:36 1131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14280225801313092818


Guru
merupakansosokyangmempunyaiperanpentingdidalammembangundanmencerdaskangenerasipenerusbangsaini. Ada banyakhal yang perludiperhatikandidalampencapaiansuatutujuantersebut,diantaranyaadalahtentangbagaimanasosokdarigurutersebut, terutamadalamhalketerampilan yang iagunakandalammetodedan media saatmelakukanpembelajaran di kelas. Bukanhanyadarihaltersebut,kitajugabiasmelihatbagaimanapencapaiandari guru tersebutdalamhalkarakterisik guru ideal propesionaldarisosok guru tersebut. Jikamelihatpermasalahansaatini, banyakpermasalahan yangbiasmenjadipenghambatuntukbiasmencapaitujuantersebutnamunjugaadafactorpendoronghaltersebut.

Berbicaratentangguru sosiologisaatini, tentuakanmenjadihalmenarikuntuk
diperbincangkan. Terutama
tentangbagaimanametodedan media pembelajaran
yang
telah digunakan olehguru sosiologisaatini.Beberapahari yang lalusaya
pernah
mewawancaraisalahseorangguru sosiologitentangmetodedan media
pembelajaran yang ia
gunakanketikamengajardikelas. Guru tersebutmemaparkan
bahwametode yang ia
gunakandalammengajarbanyakmenggunakanmetodediskusi
dan
kadang-kadangceramahdenganmengkaitkanisinyadenganbagaimanakeadaan
masyarakat
saatini, iajugaselalumenggunakan media pembelajaran yang telah
diberikan
olehpemerintahketikamengajar. Iamenggunakan media pembelajaran
seperti
LCD yangselaluiagunakanuntukmenampilkanbeberapagambardanisi
materi yang ia
akanajarkanlewat power point,karenabiasanyacaratersebutbisa
menarik
perhatiansiswalebihbanyakdaripadahanyadenganmenulisdipapantulis.

Terkadang gurutersebutmengajaksiswanyamelakukansuatupenelitiantentangkeadaansuatumasyarakattertentu, namunsayangnya programinikadangkadangdiizinkanolehkepalasekolah, inidikarenakanolehhaltertentusehinggasiswaterkadanghanyamendapatilmu-ilmudasarnyasajatentangpenelitian, sehinggapengajarandarimateripenelitian yang diberikanoleh guru menjaditidak optimal.

Lalubagaimanadengan guru sosiologi yang lain yang sudahoptimaldalamhalmetodemengajarnamunbelummemahamisepenuhnyatentang media pembelajaran yang saatinilebihbaikjikadibandingkandengan media pembelajaransebelumnya yang hanyadenganmenggunakan media pembelajaranlewatpapantulisdidalammenjelaskanmateridanmembuatsiswajadikurangbersemangatuntukmengikutipembelajarantersebut.Tentunya proses pembelajarandalamkelasmenjadikuranggreget.

Melihatbagaimanapsikologisiswasaatini, dimanasiswasangatsukadenganhalhalbarudalam proses pembelajaran, makaalangkahbaiknyadengan proses belajarmengajarlebihbanyakmenggunakan LCD yang disambungkanlewat computer/laptop, karenadenganmenggunakancaratersebuttentu guru akanlebihmudahdalammengajar, misalkandenganmenampilkan video tentangsuatukonflikdidalammasyarakatatau pun tentangkenakalanremaja. Makadenganadanya LCD guru hanyaperlumencari video tersebut yangkemudianditampilkankesiswa.Setelahituparasiswamencaribagaimanasolusidaripermasalahantersebutlewatdiskusidandibimbingoleh gurutersebut.Bukanmalahhanyamemberikantugaskepadasiswatanpaadabimbinganterlebihdahulutentangbagaimana format tugas yang akandikerjakan. Dan akhirnyaketikasiswamengumpulkantugasdanternyataformatnyasalah, eh malahsiswa yang kenamarah.Ini yang membuatpsikologidarisiswamenjaditertekandanmulaiberpikiranehkepada guru tersebut.

Adanyabanyakmetodepembelajaran yang baik untuk digunakan guru sosiologididalammengajar, versipenulis :

1.Metode Inquiry Learning
- Observasi/pengamatan menyangkut tentang sosial dan lain lain
- Mengajukan pertanyaan tentang keadaan sosial
- Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban
- Mengumpulkan data yang terkait dengan dugaan atau
pertanyaan yang diajukan
- Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang
telah diolahatau dianalisis

2.
Metode Discovery Learning by Teacher vs Student
- Stimulation (memberi stimulus)
- Problem Statement (Mengidentifikasi masalah)
- Data Collecting (mengumpulkan data)
- Data Processing (mengolah data)
- Verification (memperifikasi)
- Generalization (menyimpulkan)

3.Metode
Problem Based Learning
- Mengorientasi peserta didik pada masalah
- Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
- Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
- Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
- Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

4.Metode
Project Based Learning
- Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek
- Mendesain perencanaan proyek
- Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek
- memonitor kegiatan dan perkembangan proyek
- Menguji hasil
- Mengevaluasi kegiatan/pengalaman

Media yang bagus digunakan oleh guru sosiologi didalam mengajar,
versi penulis :

1.
Media visual = Media yang hanya dapat dilihat saja.
- Foto
- Gambar
- Poster
- Kartun
- Grafik
2. Media Audio = Media yang hanya bisa didengar
- Kaset Audio
- Mp3
- Radio
3.Media Audio Visual= Media yang bisa dilihat dan didengar
- Film Bersuara
- Video
- Televisi
- Sound Slide
4. Multimedia = media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap
- Animasi
5.Media Realita = media nyata yang ada di lingkungan, baik yang sedang
digunakan maupun diawetkan.
- Hewan yang diawetkan
- Tempat bersejarah

Sekian Informasi yang saya berikan tentang metode dan media pembelajaran guru saat ini. Semoga bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun