Mohon tunggu...
Lala Islamia
Lala Islamia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya suka membaca serta berolahraga Menyukai fashion serta perdebatan intelektual

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Sosial dan Kognitif pada Anak

18 Oktober 2024   11:49 Diperbarui: 18 Oktober 2024   12:01 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

perkembangan kognitif.

Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya. Konsep penting dari teorinya adalah:

Zone of Proximal Development (ZPD): Batas antara kemampuan anak saat ini dan potensinya jika dibantu orang lain.

Scaffolding: Dukungan atau bantuan yang diberikan orang dewasa atau teman sebaya hingga anak bisa mandiri.

Bahasa: Alat penting dalam perkembangan pikiran dan pemecahan masalah.Jean Piaget - Teori Perkembangan Kognitif (Cognitive Development Theory)

Tema utama: Anak membangun pengetahuan melalui tahapan perkembangan.

Menurut Piaget, anak-anak aktif berpartisipasi dalam belajar dan perkembangan mereka mengikuti empat tahapan:

1. Sensori-motor (0-2 tahun): Anak belajar melalui indera dan tindakan fisik.

2. Pra-operasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan simbol (seperti bahasa) tetapi masih egosentris.

3. Operasional konkret (7-11 tahun): Anak mulai berpikir logis tentang hal-hal konkret.

4. Operasional formal (12 tahun ke atas): Anak bisa berpikir abstrak dan membuat hipotesis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun