Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya. Konsep penting dari teorinya adalah:
Zone of Proximal Development (ZPD): Batas antara kemampuan anak saat ini dan potensinya jika dibantu orang lain.
Scaffolding: Dukungan atau bantuan yang diberikan orang dewasa atau teman sebaya hingga anak bisa mandiri.
Bahasa: Alat penting dalam perkembangan pikiran dan pemecahan masalah.Jean Piaget - Teori Perkembangan Kognitif (Cognitive Development Theory)
Tema utama: Anak membangun pengetahuan melalui tahapan perkembangan.
Menurut Piaget, anak-anak aktif berpartisipasi dalam belajar dan perkembangan mereka mengikuti empat tahapan:
1. Sensori-motor (0-2 tahun): Anak belajar melalui indera dan tindakan fisik.
2. Pra-operasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan simbol (seperti bahasa) tetapi masih egosentris.
3. Operasional konkret (7-11 tahun): Anak mulai berpikir logis tentang hal-hal konkret.
4. Operasional formal (12 tahun ke atas): Anak bisa berpikir abstrak dan membuat hipotesis.