Mohon tunggu...
Lala NurHidayati
Lala NurHidayati Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Saya mempunyai hobi mengedit vidio dan mendesain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Serunya Mengenal Sains Melalui Kegiatan Bercocok Tanam di TK Shafa Marwah Karawang Bersama Mahasiswa PLP UNSIKA

19 Februari 2023   09:34 Diperbarui: 19 Februari 2023   09:51 935
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap mahasiswa tentunya akan berhadapan dengan suatu program yang terdapat pada setiap kampus salah satunya yaitu Program PLP (Praktek Latihan Profesi). PLP merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa FAI semester 7 sebagai wadah mahasiswa melatih dan mempraktikan ilmunya dalam mengembangkan kompetensinya agar menjadi profesional baik disekolah maupun diunit kerja kantor dengan di damping oleh dosen pembimbing lapangan.

Sasaran kegiatan PLP ini terdiri dari sekolah umum (yang dibawah binaan Disdikpora Kabupaten Karawang yakni PAUD, SMP, SMA, dan SMK) Madrasah (yang di bawah binaan Kemenag Kabupaten Karawang yakni RA, Tsanawaiyah, Aliyah) Unit Kerja di Kantor Disdikpora Kabupaten Karawang. Dalam pelaksanaan Program PLP tersebar di daerah karawang dengan jumlah kisaran  313 mahasiswa dari berbagai jurusan yang berbeda di Fakultas Agama Islam.

Terdapat 313 mahasiswa yang terbagi menjadi beberapa kelompok yang di tugaskan untuk melaksanakan PLP didaerah Karawang salah satunya di Telukjambe. Di Telukjambe sendiri terdapat 3 kelompok PLP dari Prodi PIAUD yang mana masing-masing kelompok beranggotakan sekitar 5-6 mahasiswa, salah satunya yaitu kelompok 4 yang beranggotakan 5 mahasiswa, Kelompok 4 ini ditugaskan di lembaga yang bernama TK Shafa Marwah Karawang.

TK Shafa Marwah ini di pimpin oleh ibu Umi Mahmudah, S.Pd selaku kepala sekolah TK Shafa Marwah. Adapun kelompok 4 ini dibawah bimbingan dan arahan ibu Nida'ul Munafiah, S. Pd.I., M.Pd selaku Dosen Pembimbing dan ibu Ida Rohayani, S.I.Kom selaku guru pamong. Mahasiswa PLP kelompok 4 ini beranggotakan Irma Rismayanti, Khodijah Nur Rahmah, Laila Karimah, Lala Nur Hidayati dan Lulu Fazriah.

Sains dapat diartikan sebagai hal-hal yang menstimulus mereka untuk meningkatkan rasa ingin tahu, minat dan pemecahan masalah, sehingga memunculkan pemikiran dan perbuatan seperti mengobservasi, berpikir, dan mengaitkan antar konsep atau peristiwa. Maka dari itu mahasiswa PLP UNSIKA mengajak anak-anak kelompok B untuk melaksanakan kegiatan bercocok tanam. Mengajak anak-anak bercocok tanam merupakan aktivitas di luar ruangan dengan tujuan mengenalkan proses menanam pada anak usia dini.

Dokpri
Dokpri

Sebelum melakukan kegitan menanam, pada hari sebelumnya yaitu dihari Rabu, 8 Februari 2023 mahasiswa PLP mengajak anak-anak kelompok B untuk melakukan kegiatan mengecat atau menghias pot bunga. Gunanya untuk melatih seni kreativitas dan juga bisa untuk melatih fisik motorik halus anak. Anak-anak terlihat sangat senang dalam mengecat pot bunga tersebut, Anak juga bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi nya.

Dokpri
Dokpri

Pada hari berikutnya yaitu hari Kamis 9 Februari 2023, mahasiswa PLP mengajak anak-anak untuk kegiatan bercocok tanam. Kegiatan ini dilakukan di lapangan sekolah TK Shafa Marwah. Kegiatan diawali dengan mengulas kembali materi pekan ini yaitu mengenalkan bagian-bagian dari bunga. Setelah itu mahasiswa PLP mengajak anak-anak TK B untuk menyanyikan lagu "Kebunku". 

Setelah itu, mahasiswa PLP Mengenalkan alat dan bahan yang harus disediakan sebelum bercocok tanam. Selanjutnya, salah satu mahasiswa PLP menjelaskan tata cara menanam tanaman hias yang diawali dengan menyiapkan pot bunga dan dilanjut dengan memasukan sedikit pupuk kedalam pot, setelah itu masukan tanaman hias, lalu ditambahkan pupuk hinggga penuh dan ditambahkan sekam pagi dibagian paling atas. kegiatan bercocok tanam kepada anak usia dini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan moral, nilai-nilai agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, seni dan juga sosial emosional pada anak. Selain itu, anak dapat mengetahui perbedaan tekstur pupuk dan sekam padi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun