Mohon tunggu...
Laily Sabrina Hapsari
Laily Sabrina Hapsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2022 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Saya Mahasiswi Teknik Informatika UIN Malang yang tertarik untuk menulis dan menjelajah pengetahuan dengan sesama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Transportasi Masa Depan: Integrasi Teknologi Cerdas V2X di Kendaraan

17 September 2024   12:47 Diperbarui: 17 September 2024   12:50 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi transportasi masa depan, Sumber : Freepik.com

Transportasi Masa Depan: Integrasi Teknologi Cerdas V2X di Kendaraan

Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sektor transportasi. Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah melihat kemunculan kendaraan cerdas yang dirancang untuk beroperasi secara mandiri atau dengan minimal intervensi manusia. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Gao, Yu, Xie, Ma, Xu, dan Li (2019) dalam IET Intelligent Transport Systems, arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung kendaraan cerdas memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan keselamatan di jalan raya.

Dengan populasi dunia yang diperkirakan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050 (United Nations, 2019), peningkatan kebutuhan transportasi menjadi tantangan besar. Sistem transportasi tradisional tidak lagi mampu mengatasi permasalahan ini secara efisien. Lalu lintas yang padat, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas adalah masalah yang sering dihadapi di kota-kota besar. Data menunjukkan bahwa setiap tahun sekitar 1,35 juta orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia (World Health Organization, 2018). Oleh karena itu, diperlukan solusi cerdas yang memanfaatkan teknologi mutakhir untuk mengurangi dampak dari masalah ini.

Kendaraan cerdas, yang dilengkapi dengan berbagai sensor, radar, kamera, serta teknologi komunikasi kendaraan-ke-segala (V2X), adalah salah satu solusi potensial. Mereka mampu mendeteksi lingkungan sekitar dan berinteraksi dengan infrastruktur jalan, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih aman dan efisien di jalan raya. 

Dalam artikel ini, peneliti mengeksplorasi bagaimana arsitektur perangkat keras dan perangkat lunak kendaraan cerdas dapat diintegrasikan dengan sistem jalan pintar untuk menghadapi tantangan lalu lintas global saat ini dan masa depan.

Penelitian yang dilakukan oleh Gao et al. (2019) menunjukkan bahwa arsitektur kendaraan cerdas membutuhkan penggabungan perangkat keras dan perangkat lunak secara optimal untuk mendukung operasionalnya dalam lingkungan lalu lintas yang dinamis. Perangkat keras, seperti sensor dan modul penginderaan, berfungsi untuk mendeteksi objek, kondisi jalan, serta elemen lain di sekitar kendaraan. 

Teknologi sensor fusion menjadi salah satu elemen kunci yang memungkinkan kendaraan untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Sebagai contoh, kombinasi kamera, radar, dan lidar meningkatkan akurasi dalam mendeteksi objek hingga 95% dalam kondisi cuaca yang baik, namun akurasinya dapat menurun hingga 70% dalam kondisi cuaca buruk (Gao et al., 2019).

Di sisi perangkat lunak, algoritma machine learning berperan penting dalam mengelola pengambilan keputusan berdasarkan data real-time. Dalam skenario lalu lintas yang dinamis, sistem harus mampu membuat keputusan cepat dan tepat. Sistem ini dilatih menggunakan data lalu lintas historis, yang memungkinkan kendaraan untuk memprediksi perilaku pengendara lain dan merespons dengan aman. 

Sebagai contoh, penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma yang diimplementasikan dalam kendaraan cerdas mampu mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan hingga 40% dibandingkan dengan sistem kontrol kendaraan konvensional. Hal ini didukung oleh kemampuan kendaraan cerdas untuk berkomunikasi dengan infrastruktur jalan melalui V2X, yang memungkinkan kendaraan menerima informasi kritis seperti kondisi cuaca, kecelakaan, atau penutupan jalan.

Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya verifikasi dan pengujian dalam skenario nyata. Gao et al. (2019) melakukan simulasi skenario lalu lintas yang umum ditemui, seperti situasi macet, persimpangan dengan volume tinggi, dan area dengan lalu lintas pejalan kaki yang padat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun