PENDAHULUAN
SituasiÂ
Kondisi yang melatar belakangi terdapat 60% dari 15 anak di kelompok A Kemampuan Motorik Halus belum berkembang dengan maksimal. Dari hasil analisis yang di lakukan penyebabnya adalah Media Pengenalan angka yang kurang menarik dan variatif, kurangnya stimulasi guru terhadap pengenalan konsep bilangan dan kurangnya benda-benda atau pun media yang kontekstual dalam mengenalkan konsep bilangan.
Dari hasil analisis masalah di dapatkan beberapa alternative solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang di temukan di antaranya guru menggunakan Model Problem Based Learning dan menggunakan media loose parts
Upaya peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1 sampai 10 melalui media loose parts terbukti sangat efektif untuk di lakukan, karena itu praktik pembelajaran ini penting untuk di bagikan karena memuat pembelajaran yang inovatif dan interaktif dan dijadikan motivasi referensi bagi rekan guru yang mengalami masalah yang serupa sehingga memudahkan guru dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi anak, pada kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan kedepannya.
TantanganÂ
Dari hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu
- Media belajar yang tidak menarik bagi siswa
- Anak belum mampu mengenal simbol angka.
- Minat anak dalam mempelajari konsep bilangan masih rendah atau belum tuntas
- Perlu pengulangan dalam mengenalkan konsep bilangan dengan pemilihan metode yang tepat dan menarik
- Perlu rangsangan dan stimulasi yang tepat
Dari penyebab permasalahan di atas tantangan yang dihadapi guru adalah:
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini
Guru juga harus bisa menumbuhkan motivasi belajar anak melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.