Mohon tunggu...
Money

Garam Masyarakat Madura dalam E-commerce

20 April 2016   19:51 Diperbarui: 20 April 2016   19:56 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Di Madura yang terkenal dengan pulaunya, adat dan budayanya sejak dahulu hingga sekarang, madura juga menyimpan banyak pulau hususnya di daerah sumenep dan juga garam yang diolah secara manual yang menjadi mata penghasilan bagi masyarakat madura kepulauan ini.

Pada era yang moderen semua alat sudah canggih dan informasi apapun sekarang masyarakat bisa menerimanya, dengan kecanggihan alat pada zaman sekarang ini masyarakat madura bisa memanfaatkan-nya dengan baik guna untuk mendapatkan profit atau ke untungan, masyarakat madura memanfaatkan elektronek dan internet sebagai alat untuk mempromosikan hasil garam yang diolah secara manual dan alami, masyarakat juga tau bagai mana cara memanfaatkan alat yang canggih ini untuk memberikan informasi pada semua elment masyarakat secara global.

Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan garam ini yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi ini sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan garam yang ada di madura. Apabila perusaan ini mengalami kekurangan informasi dalam waktu tertentu maka perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Ada beberapa hal yang penting dalam e-commerce perusahaan garam yang ada di madura antara lain:

a). Kita menyediakan harga yang lebih terjangkau, karena mungkin banyak diluar sana yang harganya mungkin lebih mahal, inilah salah satu sasaran kita untuk menarik perhatian konsumen.

b). Memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang produk yang kita jual, bagaimana konsumen bisa tertarik dengan informasi yang kita infokan, sebelum orang itu membeli produk yang kita jual minimal mereka tertarik dengan info yang kita sajikan lewat media yang sudah canggih ini.

c). Discount, disamping kita mem promokan barang yang kita jual disamping itu pula kita harus menyelipkan kata-kata bonus untuk memikat konsumen, karena di daerah kita tampa kita sadari memang daerah yang konsumtif dan seneng dengan yang namanya bonus (discount).

Tetapi ada juga masalah-masalah yang timbul dalam E-Commerce itu sendiri yaitu:

Ø  Persaingan yang tidak positif sehingga sasaran dunia maya yang paling gampang untuk  merugikan e-commerce lainnya, dan juga sebagai alat menipu konsumen dan banyak kejadian lainnya.

Ø  Masalah transaksi tunai/pembayaran yang ini menjadi permasalahan karena kita mempromokan sekaligus pemesenan secara online, hal ini yang menuntut kita gimana cara kita meyakinkan konsumen kita dengan barang yang kita jual dan promokan.

Ø  Terjadi kendala dalam pengiriman yang tidak sampai kepada pemesan, kita dituntut untuk menjamin apa bila ada kendala yang terjadi demikian.

Dari beberapa ke unggulan dan dampak yang negatif dalam perkembangan tekhnologi yang memudahkan masyarakat madura memasarkan garam, disini kita dapat menyimpulkan bahwa kita dituntut untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen kita, agar konsumen kita dengan mudahnya mempercayainya untuk membeli produk yang kita promokan dalam E-Commerce,  semoga trik yang kita bangun untuk mempromokan barang yang kita jual walaupun sederhana produk itu semoga bermanfaat untuk para pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun