Mohon tunggu...
Lailatul Fitriya
Lailatul Fitriya Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Penguatan dalam Pengajaran: Pendekatan Behaviorisme di Kelas

22 Oktober 2023   05:14 Diperbarui: 22 Oktober 2023   07:21 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo sobat kompasiana, sebelum kita membahas tentang penerapan metode penguatan, apa sihh yang dimaksud dengan teori behaviorisme?

Menurut teori behaviorisme, perubahan tingkah laku disebabkan adanya  interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan suatu bentuk perubahan  yang dialami siswa dalam  kemampuannya berperilaku baru  sebagai hasil interaksi stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Misalnya, anak belum menghitung fakta perkalian. Meski sudah berusaha keras dan rajin diajarkan oleh guru, namun jika anak tidak bisa melakukan latihan perkalian, maka anak tersebut dianggap belum belajar. Karena dia tidak dapat menunjukkan perubahan tingkah laku setelah belajar.

Teori behaviorisme  menekankan  hubungan antara stimulus (S) dan respon (R) secara umum dapat dianggap penting bagi siswa untuk berhasil dalam studinya. mempelajari. Caranya adalah guru memberikan rangsangan yang bervariasi selama proses pembelajaran, dan dengan cara ini siswa akan memberikan respon positif, apalagi jika diikuti  dengan  reward yang mempunyai fungsi reinforcement (memperkuat respon yang telah ditampilkan). Karena teori ini berasal dari eksperimen perilaku pada hewan, dalam konteks pembelajaran  beberapa prinsip  umum  harus dipertimbangkan. Menurut Mukinan (1997:
-23), beberapa prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
(1) Teori ini berasumsi bahwa yang disebut dengan belajar adalah perubahan tingkah  laku. Seseorang dikatakan telah belajar sesuatu jika yang bersangkutan dapat menunjukkan
perubahan tingkah laku tertentu. 

(2) Teori ini beranggapan bahwa yang terpenting dalam belajar adalah adanya stimulus dan respons, sebab inilah yang dapat diamati. Sedangkan apa yang terjadi di antaranya dianggap tidak penting karena tidak dapat diamati. 

(3)Reinforcement, yakni apa saja yang dapat menguatkan timbulnya respons, merupakan faktorp enting dalam belajar. Respons akan semakin kuat apabila reinforcement (baik positifmaupun negatif).

Prinsip-Prinsip Dasar Teori Behaviorisme

1. Pengamatan Perilaku:

Prinsip dasar behaviorisme adalah fokus pada perilaku yang dapat diamati. Artinya behaviorisme berfokus pada tindakan  dan reaksi fisik yang dapat diamati, diukur, dan dianalisis. Teori ini mengabaikan proses mental internal yang tidak dapat diamati secara langsung.

2. Asosiasi:
Behaviourisme meyakini bahwa pembelajaran terjadi melalui hubungan antara rangsangan (stimuli) dan respon (tindakan). Proses ini dapat dijelaskan dengan rumus sederhana, seperti hukum asosiasi yang dikemukakan oleh Ivan Pavlov dan eksperimennya dengan anjing.

3. Penguatan (Reinforcement):
Salah satu prinsip kunci behaviorisme adalah penguatan. Penguatan adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan kemungkinan bahwa suatu perilaku akan terulang. Terdapat dua jenis utama penguatan, yaitu penguatan positif dan negatif.

Penguatan Positif:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun