Mohon tunggu...
Lailatul Qodriya
Lailatul Qodriya Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Hobi memasak dan menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melaksanakan Magang di PT KAI (PERSERO) Daop 8 Unit Kesehatan pada Klinik Mediska Surabaya Gubeng

13 Mei 2023   20:58 Diperbarui: 13 Mei 2023   21:00 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melaksanakan Magang pertama di PT. KAI (PERSERO) Daop 8 Unit Kesehatan pada Klinik Mediska Surabaya Gubeng

Kegiatan Magang merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Seperti yang kita ketahui bahwa lapangan pekerjaan semakin terbatas dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk yang menyebabkan persaingan ketat untuk para pencari kerja. Terkait hal itu, seharusnya calon pencari kerja menyiapkan program untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan atau lembaga kursus. 

Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan teori atau materi yang telah didapatkan selama duduk dibangku perkuliahan untuk menerapkan di dunia kerja. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup dan mewujudkan program tersebut yaitu dengan melaksanakan kuliah magang yang merupakan salah satu program yang ada di Universitas 17 Agustsus 1945 Surabaya, mata kuliah magang merupakan program yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 6 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang merupakan salah satu persyaratan kelulusan.

Penulis (Lailatul Qodriya) merupakan salah satu peserta mahasiswa FISIP UNTAG Surabaya yang telah mengikuti program magang periode tahun 2023 di PT.KAI Daop 8 Surabaya Unit Kesehatan pada Klinik Mediska Surabaya Gubeng. Waktu yang digunakan mahasiswa dalam melaksanakan praktik magang kurang lebih 2 bulan mulai dari awal bulan Januari hingga bulan Maret. Selama melakukan kegiatan magang penulis didampangi oleh Dosen Administrasi Bisnis UNTAG Surabaya sebagai dosen pembimbing Sri Andayani, Dra., MM

PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang jasa transportasi. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa PT.KAI memiliki klinik kesehatan. KAI juga mempunyai 54 klinik kesehatan internal yang diberi nama Klinik Mediska yang tersebar di wilayah Daop dan Divre, Klinik Mediska memberikan pelayanan fasilitas kesehatan berstandar klasifikasi klinik rawat jalan pratama, dengan jenis pelayanan kesehatan diantaranya pemeriksaan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan dokter spesialis, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan KB, konsultasi kesehatan, pelayanan kefarmasian, pelayanan prolanis. Klinik mediska sendiri memiliki tenaga kesehatan profesional dan andal yang terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Dokter Spesialis, Bidan, Perawat, Apoteker, Asisten Apoteker, dan Hiperkes (Public Relation KAI).

Awal mula berdirinya Klinik Mediska dulu didedikasikan hanya untuk pegawai dan keluarga pegawai saja, tetapi seiring berjalannya waktu keberadaanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum, sehingga PT.KAI memutuskan bekerja sama dengan BPJS untuk melayani pasien BPJS, dan tidak hanya itu saja sekarang klinik Mediska Surabaya Gubeng juga melayanai pasien umum atau non BPJS.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Alasan penulis memilih untuk melaksanakan praktik magang di PT. Kereta Api Indonesia (PERSEO) adalah karena PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Selain itu, juga berusaha untuk menganalisis apa saja yang menjadi kendala klinik Mediska Surabaya Gubeng dalam mempromosikan Klinik dan bagaimana cara untuk mengatasi kendala tersebut.

Pada unit kesehatan didalamnya dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah staf administrasi pelayanan, klaim, kepesertaan, staf kesehatan kerja dan masih banyak lagi. Berdasarkan keputusan Direksi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) nomor : KEP.U/OT.003/I/2/KA-2015 tentang kedudukan, tugas pokok, fungsi, susunan organisasi dan tatalaksana unit kesehatan daerah operasi, divisi regional, dan sub divisi regional di lingkungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) diantarannya sebagai berikut :

  • Merumuskan penjabaran pelaksanaan strategi dan kebijakan yang berkaitan dengan tuugas poko dan tanggung jawabnya yang telah ditetapkan Kantor Pusat, di Wilayah Daerah Operasi 8 Surabaya
  • Menyusun program anggaran pengelolaan kesehatan di Wilayah Daerah Operasi 8 Surabaya
  • Mengelola program pelayanan kesehatan meliputi administrasi kepesertaan, pelayanan kesehatan kepada pegawai, pensiunan beserta keluarga serta masyarakat umum.
  • Mengelola pelayanan kesehatan di PPK, kerjasama/ provider yang sudah ditetapkan sesuai perjanjian kerja sama serta melakukan vertifikasi klaim provider dan proses pembayarannya.
  • Mengelola pelayanan restitusi biaya pengobatan dimulai dari pengumpulan berkas permohonan restitusi sampai dilakukan perhitungan/ verifikasi dan proses pembayarannya.
  • Mengelola proses registrasi dan verifikasi kepesertaan untuk updating database.
  • Mengelola program pemeriksaan kesehatan rekrutmen, pemeriksaan kesehatan berkala dan pemeriksaan kesehatan awak KA sebelum dinas serta pemeriksaan kesehatan lainnya di Wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya.
  • Mengadakan program penyuluhan kesehatan, program pencegahan terhadap kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja dan penanganan korban akibat kecelakaan kerja maupun kecelakaan kereta api lainnya di Wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya.
  • Mengadakan pembinaan dan evaluasi kinerja SDM di lingkungan Unit Kesehatan Daerah Operasi VIII Surabaya dan fasilitas kerja klinik pelayanan kesehatan dari pos kesehatan, serta pos pemeriksaan kesehatan awak KA di Wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya.
  • Terselenggarannya proses peningkatan kualitas (quality improvement) pengelolaan kesehatan dan fasilitas kerja klinik pelayanan kesehatan dan pos kesehatan, serta pos pemeriksaan kesehatan awak KA di Wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya secara berkelanjutan serta pengelolaan resiko di Unitnya.
  • Mengadakan pemantaun, pengawasan dan pemeriksaann mutu pelaksanaan kesehatan di klinik pelayanna kesehatan dan pos kesehatan serta pos pemeriksaan kesehatan awak KA di Wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya.

Penulis magang ditempatkan di unit kesehatan Klinik Mediska Surabaya Gubeng, ditugaskan menjadi bagian staf adminitrasi yaitu sebagai customer service yang mana memberikan pelayanan, bantuan dan arahan untuk pasien maupun pengunjuang Klinik. Namun seiring berajalanya waktu magang, penulis menemukan kendala dalam mempromosikan klinik lewat sosial media Instagram karena sebelumnya promosi yang digunakan belum maksimal serta program pemasaran yang belum terinci. oleh karena itu, penulis membantu manajamen klinik menjadi social media specialist/ social media marketing yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang klinik mulai dari jam-buka, pelayanan apa saja yang ada di klinik ?, dan sebagainya. usaha promosi yang penulis lakukan ialah penataan akun instagram berupa merapikan feed instagram mulai dari foto profil hingga penyesuian isi konten tema kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun