Mohon tunggu...
Laila Nur Fadhilah
Laila Nur Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Umsida

Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi saya tertarik dengan media digital

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Negosiasi Sukses! PT. Metrix Inspira dan Costumer Temukan Solusi Tepat untuk Kerjasama yang Berkelanjutan

12 Juli 2024   19:56 Diperbarui: 12 Juli 2024   19:56 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Tahapan-tahapan Negosiasi (Dokpri)

Negosiasi Sukses! PT. Metrix Inspira dan Customer Temukan Solusi Tepat untuk Kerjasama yang Berkelanjutan

Negosiasi merupakan suatu proses dari 2 pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan. Negosiasi dilakukan untuk mencapai kesepakatan melalui perundingan. PT. Metrix Inspira adalah perusahaan sistem integrator yang fokus pada otomasi dan proses pengemasan. Menyediakan layanan survei, desain sistem konseptual, pemrograman dan perakitan mesin, instalasi, dan komisioning sistem di industri farmasi, makanan dan minuman, barang konsumen, dan otomotif. Banyak Perusahaan atau pabrik-pabrik besar yang mempercayai PT. Metrix Insipra sebagai vendor distribusi mesin mereka, seperti Unilever, Semen Indonesia, Nestle dan masih banyak lagi. Dalam hubungan bsinis tersebut pasti melakukan proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan. Berikut adalah tahapan negosiasi yang dilakukan PT. Metrix Inspira dengan costumer:

  • Persiapan: Sebelum melakukan negosiasi, tentu PT. Metrix Inspira telah menyiapkan informasi dan hal-hal apa saja yang akan dipresentasikan kepada calon costumer.
  • Diskusi: Pada tahap ini PT. Metrix Inspira memaparkan tujuan dan mempresentasikan terkait produk, rincian harga, ketentuan waktu pengiriman dan keunggulan perusahaan dari segi pelayanan dan lain-lain
  • Perundingan/Negosiasi: PT. Metrix Insipra melakukan proses negosiasi dengan calon costumer terkait penawaran harga, delivery time seperti cepat lambatnya pengiriman barang, pembayaran awal dpa tau tidak dan lain-lain.
  • Kesepakatan: Suatu kesepakatan dapat tercapai apabila kedua belah pihak sama-sama mempunyai tujuan yang harus disepakati. Dalam proses negosiasi tentu saja tidak selalu berjalan lancar, beberapa kendala pasti sering terjadi dalam bernegosiasi. PT. Metrix Insipra sering kali mengalami kendala dalam bernegosiasi dengan calon costumer terkait harga. Setiap perusahaan pasti mempunyai target anggaran pengeluaran dan pemasukan sendiri-sendiri. "Jadi ketika calon costumer kita kurang srek sama harga yang kita kasih, maka mau gamau salah satu dari kita harus menerima resiko untuk tercapainya kesepakatan. Tetapi dari resiko yang diambil tentu saja kita punya solusi untuk ngatasinnya" ungkap maya sebagai salah satu staff marketing PT. Metrix Insipra. Dari kendala tersebut solusi PT. Metrix Insipra adalah membuat subsidi sparepart atau bisa juga mengacu pada jangka waktu pengiriman.
  • Penutup dan Kesepakatan: Taap terakhir adalah PT. Metrix Insipra dan costumer memastikan terkait point" yang telah disepakati seperti delivery time dan penawaran harga hingga kemudian kesepakatannya bisa dilaksanakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun