Mohon tunggu...
Laila Amelia
Laila Amelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi: memasak

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Membangun Hubungan Positif Antara Guru dan Siswa

25 November 2024   16:30 Diperbarui: 25 November 2024   16:34 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Hubungan antara guru dan siswa adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia pendidikan terutama di dunia perkuliahan. Sebuah hubungan yang positif tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, aman, dan tentram, tetapi juga dapat berkontribusi pada keberhasilan siswa dalam memahami materi pelajaran, dan mengembangkan karakter mereka, terutama penghargaan sebagai antusias guru kepada siswa yang berprestasi. guru yang mampu membangun hubungan positif dengan siswa akan lebih mudah memotivasi, membimbing, dan menginspirasi mereka untuk mencapai potensi mereka dengan yang terbaik dalam akademik maupun kehidupan. 

Ada beberapa cara untuk membangun hubungan positif antara guru dan siswa yang pertama:

1. Memahami Kebutuhan Dan Potensi

    Siswa

Setiap siswa memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda dengan kemampuan, kebutuhan, dan karakteristik yang berbeda. Guru perlu meluangkan waktu untuk mengenal siswa secara lebih mendalam lagi baik dari segi akademik maupun emosional. guru juga dapat memberikan pendekatan yang sesuai dalam proses pembelajaran supaya siswa tidak merasa bosan saat berada di dalam kelas.

2. Menciptakan Lingkungan Belajar Yang

    Inklusif

Guru harus memastikan bahwa semua siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar atau bertanya tanpa takut dihakimi atau diabaikan oleh orang lain. Contohnya dengan menghargai pendapat siswa walaupun mereka berbeda dengan pandangannya masing-masing.

3. Menjadi Pendengar Yang Baik

Dengan menggunakan konsep ini siswa akan lebih nyaman kepada guru yang bisa mendengarkan dengan baik, yang paling terutama kemampuan guru untuk mendengarkan siswa dengan sabar dan empati. Ketika siswa merasa didengar, mereka akan lebih percaya kepada guru dan lebih terbuka untuk berbagi masalah atau pendapat mereka. Dengan hubungan yang positif guru dapat menciptakan hubungan yang lebih hangat dan saling menghormati.

4. Memberikan Penguatan Positif 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun