Mohon tunggu...
blogunik sekali
blogunik sekali Mohon Tunggu... -

saya seorang blogger

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Ciri-ciri Puisi Pengertian Puisi

13 Januari 2015   00:18 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:17 1026
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ciri Ciri Puisi Pengertian Puisi
Ciri Ciri Puisi Pengertian Puisi Dengan puisi yang kami Ciri Ciri Puisi Pengertian Puisi maksud puisi modern, karena tidak hanya memiliki kita pemahaman khusus dan intim puisi usia dan waktu kita, tapi kita melihat puisi dari segala usia melalui kabut kita sendiri. Puisi modern adalah puisi yang sudah terpisah dari cerita dan telah memainkan bagian khusus dalam hubungan dengan kesadaran kelas borjuis berkembang dengan lingkungannya.
Apa karakteristik khusus dari puisi modern ini - bukan dari puisi modern yang baik, tetapi dari setiap puisi modern? Mimesis, karakteristik puisi Yunani, bukan karakteristik tertentu puisi borjuis tetapi umum untuk cerita borjuis dan bermain.
Karakteristik yang akan membuat bagian tertentu dari puisi sastra untuk modern yang canggih adalah sebagai berikut:
(a) Puisi adalah berirama
Irama ditandai puisi, ditumpangkan pada "alami" irama bahasa apapun, tampaknya telah mengambil akar dari dua sources-
(1) Itu membuat deklamasi mudah kesamaan dan karena itu menekankan sifat kolektif puisi. Ini adalah terkesan cetakan sosial di mana puisi yang dihasilkan. Akibatnya sifat irama mengungkapkan dengan cara yang halus dan sensitif keseimbangan yang tepat antara isi naluriah atau emosional puisi dan hubungan sosial di mana emosi menyadari dirinya secara kolektif. Dengan demikian setiap perubahan manusia diri penilaian hubungan naluri untuk masyarakat tercermin dalam sikapnya terhadap meteran dan konvensi berirama mana ia dilahirkan, dan yang ia karenanya perubahan penyair dalam satu arah atau yang lain. Kami telah mempelajari secara garis besar perubahan dalam sikap terhadap teknik dangding selama gerakan puisi bahasa Inggris borjuis, dan jelas bahwa gerakan terakhir menuju "ayat bebas" mencerminkan upaya borjuis anarkis akhir untuk meninggalkan semua hubungan sosial dalam negasi buta mereka, karena manusia telah benar-benar kehilangan kendali hubungan sosialnya.
(2) Tapi ini membawa kita ke fitur khusus dari kontradiksi borjuis dalam puisi - cara tertentu di mana irama memfasilitasi deklamasi kolektif dan emosi. Tubuh memiliki periodisitas alam tertentu (pulse-beat, napas, dll) yang membentuk garis pemisah antara karakter kasual peristiwa luar dan ego, dan membuatnya tampak seolah-olah kita mengalami waktu subyektif secara khusus dan langsung. Setiap gerakan ritmis atau tindakan karena itu meninggikan komponen fisiologis lapangan sadar kita dengan mengorbankan yang lingkungan. Hal ini cenderung untuk menghasilkan introversi dari jenis khusus, yang akan memanggil introversi emosional dan kontras dengan introversi rasional, seperti terjadi ketika kita berkonsentrasi pada masalah matematika. Irama akan ada keluar dari tempatnya.

Ciri Ciri Puisi Pengertian Puisi


Rhythm menempatkan orang di sebuah festival kolektif berhubungan satu sama lain dengan cara tertentu - fisiologis dan emosional. Mereka sudah melihat satu sama lain, tapi ini bukan jenis persekutuan yang diinginkan. Sebaliknya, ketika mereka berhenti untuk melihat satu sama lain sehingga jelas, ketika masing-masing pensiun gelap ke dalam tubuhnya dan saham mengalahkan fisiologis dan unsur yang sama, maka mereka memiliki keawaman kawanan khusus yang berbeda dari keawaman melihat satu sama lain dalam hal yang sama dunia nyata pengalaman persepsi. Ini adalah keawaman naluriah sebagai lawan keawaman sadar; kesatuan subjektif yang bertentangan dengan kesatuan tujuan. Dalam introversi emosional pria kembali ke genotipe, dengan lebih atau kurang umum set naluri setiap manusia yang diubah dan disesuaikan dengan realitas luar dalam perjalanan hidup.
Introversi emosional ini sendiri merupakan tindakan sosial. Masyarakat hang bersama-sama secara keseluruhan kerja yang koheren karena semua orang memiliki peralatan yang sama naluri. Hubungan produktif di mana seorang pria lahir, lingkungan ia masuk ke dalam, membentuk kesadarannya secara sosial dan juga mengamankan kohesi salah satu masyarakat. Memang benar bahwa sama dua genotipe, satu lahir dalam budaya Australia primitif dan yang lainnya ke dalam budaya Eropa modern, akan berbeda dan jika dibawa bersama-sama nanti tidak bisa membentuk satu kompleks sosial. Tapi monyet dan manusia lahir ke dalam budaya yang sama akan berbeda pula, meskipun lingkungan seperti mereka, dan tidak bisa membentuk kompleks yang sama baik. Kontradiksi antara naluri dan lingkungan budaya benar-benar utama bagi masyarakat. Sama seperti bentuk tertentu itu kita telah menganalisis drive pada pengembangan masyarakat kapitalis, sehingga kontradiksi umum ini drive pada pengembangan seluruh masyarakat. Dalam bahasa kontradiksi ini diwakili oleh pertentangan antara isi rasional atau eksistensi objektif diungkapkan dengan kata-kata dan isi emosional atau sikap subjektif diungkapkan dengan kata-kata yang sama. Tidak mungkin untuk memisahkan dua sepenuhnya, karena mereka diberikan dalam bahasa cara yang dihasilkan - dalam perjuangan manusia dengan alam. Tetapi ilmu pengetahuan (atau realitas) adalah bidang khusus dari mantan, dan puisi (atau ilusi) domain yang kedua. Oleh karena itu dalam beberapa bentuk puisi adalah sebagai kekal kepada masyarakat sebagai perjuangan manusia dengan alam, perjuangan yang asosiasi produksi ekonomi adalah hasilnya.
Dalam puisi itu sendiri ini mengambil bentuk manusia memasuki persekutuan emosional dengan sesama manusia dengan pensiun ke dalam dirinya sendiri. Oleh karena itu ketika penyair borjuis beranggapan bahwa ia mengungkapkan individualitas dan terbang dari realitas dengan memasuki dunia seni dalam jiwa terdalam, ia sebenarnya hanya lewat dari dunia sosial realitas rasional ke dunia sosial keawaman emosional. Ketika penyair borjuis menjadi (karena ia berpikir) anti-sosial dan benar-benar bersumpah untuk dunia "seni untuk seni," ritmenya menjadi semakin ditandai dan menghipnosis mengantuk, seperti di Mallarmé yang Après-midi d'un Faune dan Apollinaire di Alcools. Hanya ketika kaum borjuis lolos ke tahap anarkis di mana ia meniadakan semua masyarakat borjuis dan sengaja memilih kata-kata dengan hanya asosiasi pribadi, dapat irama menghilang, untuk penyair sekarang rambut gimbal bahkan ikatan sosial memiliki naluri yang sama dengan laki-laki lain, dan karena itu memilih hanya mereka kata-kata yang akan memiliki keganjilan otak. Jika dia memilih kata-kata dengan terlalu kuat hubungan emosional, ini, ditambah dengan hipnosis dari ritme yang kuat, akan tenggelam dia ke sarang umum dari naluri manusia. Oleh karena itu teknik surréaliste memilih kombinasi kata yang aneh asosiasi, meskipun pribadi, tidak emosional tapi rasional. Pada akhirnya ini hanya mungkin dengan berangkat dari bahasa dan makna sama sekali, karena semua isi kesadaran keduanya genetik dan lingkungan sosial dasar.
Dengan demikian, meskipun ritme merupakan hal mendasar untuk puisi, itu tidak dapat diberhentikan dengan beberapa rumus sederhana seperti "Rhythm adalah hipnosis dan menghasilkan hyperaesthesia" atau "pola matra mengungkapkan norma-norma sosial." Arti penting dari ritme adalah sejarah dan pada waktu tertentu tergantung pada terungkapnya kontradiksi dasar masyarakat dalam bahasa.
(b) Puisi sulit untuk menerjemahkan
Hal ini diakui sebagai salah satu ciri puisi yang terjemahan menyampaikan sedikit emosi tertentu terangsang oleh puisi dalam bahasa aslinya. Hal ini dapat dikonfirmasi oleh siapa saja yang, setelah membaca terjemahan, telah belajar bahasa aslinya. Meter dapat direproduksi. Apa yang disebut "rasa" mungkin tepat diterjemahkan. Tapi emosi puitis tertentu menguap. Dimana terjemahan yang puisi yang baik, seperti FitzGerald Rubaiyat atau Paus Iliad, mereka hampir re-kreasi. Emosi puitis mereka kembali membuat jarang memiliki banyak kemiripan dengan yang terangsang oleh asli.
Kita tidak punya hak untuk atribut ini untuk setiap kualitas transenden misterius dalam puisi. Mungkin begitu, atau mungkin tidak. Ini adalah ciri khas permainan kata-kata. Ini adalah ciri khas puisi. Tidak ada yang pasti akan mengklaim bahwa terjemahan novel besar seperti Perang dan Damai atau The Idiot berikan kepada pembaca bahasa Inggris semua yang ada dalam bahasa aslinya. Namun kekuatan yang luar biasa dari karya-karya ini bahkan dalam terjemahan, bila dibandingkan dengan terjemahan, katakanlah, Inferno atau Odyssey, waran kita mengklaim bahwa kualitas estetika penting dari novel yang bertahan terjemahan dengan cara yang mereka puisi tidak bisa. Hal ini tentunya bukan karena kesulitan mentransfer pola dangding formal. Sebaliknya - titik yang sering diabaikan - lebih banyak pola dangding formal puisi Perancis dapat terbawa ke terjemahan bahasa Inggris dalam ayat daripada yang dapat diselamatkan dari ritme berbicara tanpa tekanan prosa Perancis dalam terjemahan prosa Inggris. Namun kritikus, ingin mendapatkan beberapa rasa samar seorang penyair asing, akan jauh lebih memilih terjemahan prosa literal untuk terjemahan dangding.
(c) Puisi irasional
Ini bukan untuk mengatakan bahwa puisi adalah koheren atau berarti. Puisi mematuhi aturan tata bahasa, dan umumnya mampu parafrase, yaitu serangkaian proposisi yang terdiri dapat dinyatakan dalam bentuk prosa yang berbeda dalam bahasa yang sama atau lainnya. Namun, sementara filsafat Spinoza tetap filosofi Spinoza ketika dijelaskan oleh murid, dan novel Tolstoi tetap menjadi novel Tolstoi ketika diterjemahkan, dan dongeng adalah sama dongeng siapapun itu mengatakan, parafrase puisi , meskipun masih membuat pernyataan yang sama seperti aslinya, tidak lagi puisi yang sama - mungkin bukan puisi sama sekali. Dengan "rasional" kita berarti sesuai dengan orderings orang setuju setelah melihat di lingkungan. Argumen ilmiah rasional dalam pengertian ini, puisi tidak. Kita telah melihat, bagaimanapun, bahwa ada keawaman lain atau keselarasan sosial dalam bahasa dibedakan dari keselarasan lingkungan. Ini adalah kecocokan emosional atau subjektif. Mari kita menyebutnya "kesesuaian dengan realitas batin." Kita juga telah melihat bahwa karakteristik ini puisi dihubungkan dengan bentuk ritmis nya. Terbukti, oleh karena itu, puisi adalah tidak rasional dalam hal harmoni lingkungan, karena rasional dalam hal harmoni emosional dan ada kontradiksi antara kedua bentuk harmoni. Kontradiksi ini tidak eksklusif: mereka saling merasuk dalam bahasa karena mereka saling merasuk dalam kehidupan. Puisi adalah sebenarnya hanya ekspresi dari satu aspek dari kontradiksi antara emosi manusia dan lingkungannya, yang mengambil bentuk yang sangat nyata dan konkret perjuangan manusia dengan alam. Karena merupakan produk dari perjuangan ini, puisi pada setiap tahap perkembangan sejarah mencerminkan sehubungan aktif provinsi manusia sendiri untuk lingkungannya.
Plato disebut irasionalitas ini khusus puisi dalam kutipan yang sudah dibuat dari Ion. Inilah yang dimaksud Shelley ketika dia mengatakan: "Puisi adalah sesuatu yang tidak tunduk pada kekuatan aktif pikiran."
(d) Puisi terdiri dari kata-kata
Hal ini mungkin tampak biasa, tapi tidak ada yang lumrah jika, di hampir setiap saat dan kesempatan, dilupakan oleh orang-orang yang harus tahu itu. Misalnya kita memiliki Matthew Arnold: "Untuk puisi idenya adalah segalanya; sisanya adalah dunia ilusi, ilusi ilahi. Puisi menempel emosi untuk ide; idenya adalah fakta. Yang terkuat bagian dari agama kita-hari adalah puisi sadar nya. "
Kita tahu bahwa kalimat terakhir mendistorsi kebenaran yang nyata. Tapi dua yang pertama begitu kacau sehingga sulit untuk memilih arti yang sebenarnya, meskipun bab-bab berikutnya akan menunjukkan bahwa Arnold, sebagai pengrajin yang baik, itu menunjukkan aspek penting dari puisi.
Shelley menggunakan pidato yang sama longgar: "Bahasa, warna, bentuk dan kebiasaan agama dan sipil tindakan, semua instrumen dan bahan puisi; mereka dapat disebut puisi dengan itu kiasan yang menganggap efek sebagai sinonim dari penyebabnya. "
Di bawah kelonggaran adalah kebenaran bahwa puisi diproduksi oleh eksistensi nyata manusia dalam masyarakat.
Dia juga mengatakan: "Perbedaan antara penyair dan penulis prosa adalah kesalahan vulgar. Plato pada dasarnya seorang penyair. Lord Bacon adalah seorang penyair .... Sebuah puisi adalah hakekat dari kehidupan dinyatakan dalam kebenaran eksternal .... "
Di sini ia berbicara dengan kelonggaran yang menyembunyikan apa-apa. Bacon bukanlah seorang penyair. Overstatements ini merupakan upaya untuk membenarkan puisi pada saat yang menyapu dari "hubungan indah" oleh perkembangan ekonomi borjuis telah mulai memberikan penyair rasa rendah diri.
Saran Mallarmé kepada teman pelukis nya terkenal: "Puisi ditulis dengan kata-kata, bukan ide-ide." Hal ini menambah positif karakteristik yang negatif kita sendiri bahwa kita tidak bisa mendukung. Puisi tentu membangkitkan ide-ide, yaitu gambar memori, atau akan hanya suara. Kami membatasi diri di sini karena itu untuk proposisi: "Puisi terdiri dari kata-kata."
Pembaca akan melihat bahwa karakteristik ini benar-benar dihasilkan oleh karakteristik sebelumnya, "Puisi adalah sulit diterjemahkan." Karena jika puisi yang ditulis hanya dengan ide-ide, yaitu dengan tujuan merangsang hanya ide pendengar, itu bisa diterjemahkan dengan memilih dalam bahasa lain kata-kata yang akan merangsang ide-ide yang sama. Karena tidak bisa, kata sebagai kata harus memiliki beberapa komponen tambahan untuk ide merangsang. Oleh karena itu kita dapat mengatakan puisi ditulis dengan kata-kata dalam cara baru tidak, tanpa berarti bahwa sihir khusus melekat pada suara-simbol atau tanda hitam yang obyektif adalah kata. Bahkan kata merangsang selain ide yang afektif "cahaya," karakter sehingga tidak dapat dibawa oleh terjemahan.
(e) Puisi adalah non-simbolis
Di sini kita tidak akan dituduh biasa a. Sebaliknya, ini adalah negatif biasa, karena konsepsi idealis adat puisi adalah sesuatu yang samar-samar simbolis. Namun tentu mengikuti dari kenyataan bahwa puisi adalah tidak rasional bahwa itu adalah non-simbolis.
Apa yang kita maksud ketika kita mengatakan kata-kata simbolis, yaitu, simbol dan tidak ada lagi? Kami berarti bahwa kata-kata sendiri apa-apa, kami tidak tertarik pada mereka, tetapi dalam apa yang mereka sebut [1] Jadi ketika matematika menulis delapan ditambah sembilan sama dengan tujuh belas, dia. Tidak tertarik dalam kata-kata sendiri, tetapi dalam memesan kelas umum tertentu yang dihadapi dalam realitas empiris. Karena kata-kata yang memanfaatkan bersifat simbolik; yaitu, dikosongkan dari makna pribadi, kalimat akan tepat validitas yang sama apa pun kata-kata yang digunakan. Misalnya, dalam bahasa Prancis, Jerman atau Italia operasi memesan disebut akan persis sama dengan ahli matematika, meskipun digambarkan dengan kata-kata yang berbeda, karena kata-kata itu sendiri dianggap sebagai konvensi yang sewenang-wenang berdiri untuk operasi matematika nyata pemesanan. Jika kalimat diterjemahkan ke dalam 8 + 9 = 17, kalimat tersebut masih sama memadai dari sudut matematika pandang. Memang kita bisa pergi lebih jauh, dan jika besok matematika menyetujui sebuah konvensi dimana 8 digantikan oleh 9, 9 dengan 8, dan 17 dengan 23, tanda plus minus dan sederajat oleh lebih besar dari, maka kalimat 9 - 23/08 akan menjadi ekspresi yang tepat dari operasi empiris secara simbolis diungkapkan oleh 8 + 9 = 17. Tapi kalau besok kami memutuskan untuk menghapuskan semua kata-kata dan memberikan setiap kata dalam bahasa Inggris kamus nomor sendiri, isi puitis pidato Hamlet tidak akan diungkapkan oleh serangkaian angka. Kita harus harus menerjemahkannya mental kembali ke kata-kata asli sebelum mencapai itu. Ciri Ciri Puisi Pengertian Puisi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun