Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk meingkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XII TAV SMK Ma'arif NU 03 Larangan Brebes Pada Materi Mean Data Tunggal dan Data Kelompok Berbantu Video Pembelajaran dan LKPD Serta Platform Quizizz sebagai Media Evaluasi
Laeli Muzamilah
Email : leemoozam@gmail.com
Program Studi Pendidikan Matematika
PPG Dalam Jabatan Universitas PGRI Madiun
Â
Abstrak :
Pendidikan di era digital mengalami perkembangan pesat dengan adanya berbagai teknologi inovatif. Salah satunya adalah Quizizz, platform pembelajaran interaktif yang populer diberbagai tingkat pendidikan. Penggunaaan Quizizz di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki potensi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Namun masih sangat terbatas penggunaan Quizizz dalam pembelajaran. Praktik pembelajaran mean data tunggal dan data kelompok ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu video pembelajaran dan LKPD serta platform Quizizz sebagai media evaluasi. Praktik pembelajaran ini dilaksanakan dikelas XII Teknik Audio Video (TAV) SMK Ma'arif NU 03 Larangan Brebes. Hasil praktik pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning  (PBL) berbantu video pembelajaran dan LKPD serta platform Quizizz sebagai media evaluasi menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran terlihat pada hasil penilaian diskusi pengerjaan LKPD sebesar 92%, penilaian profil pelajar pancasila 87,3 % dan ketuntasan dalam pengerjaan soal evaluasi melalui platform Quiziz mendapatkan rata-rata nilai 88. Hasil praktik pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning  (PBL) berbantu video pembelajaran dan LKPD serta platform Quizizz sebagai media evaluasi memberikan hasil yang sangat baik sehingga diharapkan dapat memudahkan guru dalam memilih inovasi pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran dapat bervariasi dan meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Video Pembelajaran, LKPD, Quizizz
Abstract :
Education in the digital era is experiencing rapid development with various innovative technologies. One of them is Quizizz, an interactive learning platform that is popular at various levels of education. The use of Quizizz in Vocational High Schools (SMK) has the potential to increase students' interest in learning. However, there is still a very limited use of Quizizz in learning. This single data and group data mean learning practice uses the Problem Based Learning learning model assisted by learning videos and LKPD and the Quizizz platform as an evaluation medium. This learning practice was carried out in class XII Audio Video Engineering (TAV) SMK Ma'arif NU 03 Ban Brebes. The results of learning practices using the Problem Based Learning (PBL) method assisted by learning videos and LKPD and the Quizizz platform as an evaluation medium showed an increase in student learning interest and learning implementation as seen in the results of the LKPD discussion assessment by 92%, the Pancasila student profile assessment of 87.3% and the completeness in working on evaluation questions through the Quiziz platform received an average score of 88. The results of learning practices using the Problem Based Learning (PBL) method assisted by learning videos and LKPD and the Quizizz platform as an evaluation medium provide excellent results so that it is expected to make it easier for teachers to choose learning innovations so that the implementation of learning can vary increase student interest in learning.