Mohon tunggu...
Laelatul Aina Fadhilah
Laelatul Aina Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Tidar

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untidar Berikan Sosialisasi dan Workshop Pemanfaatan Digital Marketing Produk Pertanian Masyarakat Desa Kaliangkrik

7 Februari 2024   15:00 Diperbarui: 8 Februari 2024   21:19 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Universitas Tidar (Untidar) terus berinovasi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada salah satu kesempatan, Tim Kelompok Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar Kaliangkrik menyelengarakan kegiatan sosialisasi dan workshop dengan tema Pemanfaatan Digital Marketing Produk Pertanian Masyarakat Desa Kaliangkrik (05/02/2024). Kegiatan ini berlangsung di Aula Kecamatan Kaliangkrik selama 1,5 jam. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman masyarakat Kaliangkrik mengenai konsep pemasaran yang lebih maju guna meningkatkan intensitas penjualan produk pertanian masyarakat Desa Kaliangkrik. Yang mana hal ini juga disampaikan oleh Ketua Kelompok KKN Desa Kaliangkrik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan membantu masyarakat dalam mengakses pasar serta meningkatkan penjualan produk mereka.  Dalam sosialisasi ini, masyarakat akan diberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan teknologi digital, seperti media sosial dan marketplace pertanian, untuk mempromosikan dan menjual produk pertanian mereka secara online”. jelas Randyantokho selaku Ketua Tim KKN Untidar Desa Kaliangkrik 2024.

Sosialisasi ini menghadirkan Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Kota Magelang, Raka Ghani Irsyadi Binar, sebagai pemateri. Kegiatan diawali dengan sambutan pembuka yang disampaikan oleh Kepala Desa Kaliangkrik, Ibu Nidaul Khusna. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi dan menyampaikan harapan dari kegiatan sosialisasi ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi ladang ilmu dan jembatan yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat Kaliangkrik.

Peserta dari kegiatan sosialisasi adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Desa Kaliangkrik yang bergerak dalam bidang pertanian, para petani yang tergabung dalam Kelompok Usaha Tani dan Kelompok Wanita Tani, dan para pemuda Dusun Kaliangkrik 2 yang juga ikut meramaikan sosialisasi ini.

Selama kegiatan sosialisasi dan workshop ini berlangsung, Mas Raka Ghani banyak menjelaskan mengenai bisnis diera sekarang yang kian merambah ke pemasaran digital guna memperkenalkan dan memasarkan produk dalam jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan digitalisasi, semua orang dapat melihat konten-konten dari berbagai bagian di dunia dan mempermudah proses jual beli produk. Mas Raka Ghani juga menjelaskan mengenai langkah-langkah dan aplikasi sederhana untuk melakukan pemasaran digital seperti canva, capcut, dan chat gpt. Antusias yang diberikan masyarakat sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada Mas Raka Ghani.

“Bagaimana cara menaikkan jumlah viewers dalam postingan? Dan apakah usaha dari Mas Raka menggunakan fitur adsense dari Instagram? Jika iya, seberapa pengaruh fitur tersebut terhadap jangkauan konten pemasaran yang kita buat?” Tanya Bu Nida, Kepala Desa Kaliangkrik, pada kesempatan tanya jawab tersebut.

Digital marketing sangat memberikan peluang baru terutama bagi para pelaku usaha dan petani untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Hanya dengan sebuah video atau foto yang diupload, mereka dapat menjangkau orang-orang disemua daerah di dunia.

“Sosialisasinya sangat menarik dan bermanfaat, menggugah saya pribadi untuk mencoba membuka usaha lewat digital.  Untuk kedepannya dapat mengadakan sosialisasi serupa dengan mengundang lebih banyak lagi dari kalangan muda, agar mereka lebih bisa memanfaatkan sosial media untuk berbisnis.” Ucap Bu Biryatun, Ketua Kelompok Wanita Tani Dusun Kaliangkrik 2 saat ditanyai mengenai kesan dan pesan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

Diharapkan bahwa setelah diadakannya kegiatan ini, masyarakat Desa Kaliangkrik dapat memulai dalam pemasaran digital produk pertanian hasil tani Desa Kaliangkrik.

Dokumentasi Bersama Narasumber dan Peserta Sosialisasi. Sumber : Dokpri
Dokumentasi Bersama Narasumber dan Peserta Sosialisasi. Sumber : Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun