Bagi Anda yang sedang memikirkan sebuah usaha untuk dijalankan, bisnis travel online bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Besarnya permintaan dari pasar akan membuat bisnis ini cukup menguntungkan. Pebisnis yang ingin terjun di bisnis travel dapat memilih jenis bisnis travel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sebenarnya untuk melakukan bisnis travel bagi pemula tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, seperti bisnis travel online.
Bisnis travel online ini sendiri sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Sebab dengan sistem online Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan elektronik yaitu komputer dan jaringan internet serta printer. Bisnis travel online juga dapat dikenal secara luas karena cara promosinya melalui internet. Sebagai pemula, Anda juga bisa mulai dengan bergabung di suatu waralaba atau perusahaan travel yang tentunya memiliki kredibilitas tinggi sebagai sub-agen travel. Anda hanya perlu menjual produk travel yang perusahaan travel itu jual. Selain lebih mudah, Anda juga bisa sekaligus belajar bagaimana strategi pemasaran perusahaan tersebut.
Agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar, hal terpenting yang harus Anda miliki adalah pelayanan yang prima. Anda harus melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Pada bisnis travel online ini Anda bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan yang terbaik. Pelanggan seringkali menuntut untuk di mengerti meskipun mereka terkadang tidak mau mengerti keadaan atau kondisi yang menjadi kendala Anda. Oleh karena itu, Anda jangan sampai membuat konsumen menunggu terlalu lama saat mereka ingin mendapatkan jawaban dari permasalahan atau pertanyaan yang disampaikan.
Jenis bisnis ini memiliki waktu pelayanan yang tidak menentu, artinya Anda harus siap sedia 24 jam setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh tingkat kebutuhan pelanggan yang tidak dapat ditentukan. Dengan memberikan pelayanan terbaik, pelanggan akan puas dan menjadi loyal dengan usaha Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih provider atau perusahaan yang memang menyediakan layanan issued selama 24 jam sehingga Anda mudah untuk menghubunginya. Misalnya dengan menjadi mitra Via.com Indonesia suatu pelaku bisnis yang mengusung konsep bisnis travel secara business to business kepada calon pengusaha yang berminat untuk menekuni bisnis travel. Jaringan travel terbesar ini memberikan layanan costumer service yang terserdia 1×24 jam selama 7 hari kerja. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar booking atau refund, jangan ragu untuk langsung menghubungi Via.com Indonesia baik melalui telepon, email, maupun chat support. Jadi Anda bisa melakukan booking dan refund kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemahaman lebih detail bagi Anda yang masih pemula, Via.com juga menyediakan layanan training melalui telepon oleh team training hingga Anda bisa menghasilkan uang dari bisnis tersebut.
Pelayanan yang baik adalah, wujud dari kepedulian Anda terhadap konsumen Anda. Sehingga konsumen Anda, akan tetap setia untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Konsumen yang setia akan mengundang konsumen lain yang belum mencoba atau belum menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Maka dari itu, penting bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis travel online untuk selalu mengedepankan keramahan ketika melayani konsumen. Kemampuan berkomunikasi dan pemahaman detail terhadap produk yang sering ditanyakan konsumen harus Anda kuasai. Kehilangan calon pembeli tentunya bukanlah menjadi pilihan yang ingin Anda pilih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H