Kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan pada Anak Usia Dini. Aspek Kognitif ini sangat penting bagi anak. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemapuan kognitif anak yaitu kegiatan mengurutkan pola.Kemampuan mengurutkan pola sangat penting bagi anak usia dini. Sebagaimana pendapat dari Seperti pendapat (Rosada, U. D. (2016) bahwa kemampuan mengurutkan pola sangat penting untuk dikembangkan, karena dapat memberikan sumbangsih bagi keterampilan berpikir logis anak usia dini.Â
Lebih lanjut (Warren dan Cooper, 2006) menerangkan bahwa mengurutkan pola dapat membantu anak-anak untuk memulai mengeksplorasi konsep hubungan dalam kemampuan berpikirnya. Konsep hubungan seperti urutan ukuran, bentuk, angka, warna yang ada dalam kehisupan. Sedangkan anak yang kesulitan dalam mengurutkan pola akan mengalami kesulitan dalam memahami Bahasa matematika yang berhubungan dengan penyusunan dan pengamatan dalam kehidupannya. (Saputra, W. N. E., & Setianingrum, I. 2016).
Dalam kegiatan mengurutkan pola pada anak usia dini kita harus menggunakan metode dan media yang menarik minat anak. kita bisa menggunakan model pembelajaran bebasis proyek (PJBL= project best learning) dan media bahan alam sebagai media pembelajarnnya. PBLJ yang digunakan yaitu dengan kegiatan cooking class membuat sate buah. buah yang digunakan akan dicetak dalam beberapa bentuk yang berukuran diameter 2,5cm. Sebelumnya guru membuat berbagai kartu pola yang akan dibuat untuk menyusun sate buah. Anak membuat sate buah sesuai dengan kartu pola yang dipilihny, kemudian anak akan menunjukkan hasil sate buahnya kepada guru untuk dinilai. Setelah dinilai baru anak boleh makan sate buah yang dibuatnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H