Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Penyusunan Best Practices ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal mendasar antara lain Peralihan Pertemuan Jarak Jauh (PJJ) ke Kondisi Normal membuat motivasi belajar peserta didik menurun, pada saat PJJ peserta didik kurang dalam kegiatan numerasi dan literasi mengakibatkan banyak perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pada proses pembelajaran saat ini. Oleh karena itu peserta didik merasa bosan pada saat jam pembelajaran berlangsung karena sudah terbiasa pada saat PJJ. Perubahan yang terjadi antara lain seperti :
- Peserta didik malas untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru
- Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa banyak yang mengobrol
- Peserta didik malu untuk mengungkapkan pendapatnya
- Pada saat proses pembelajaran jam terakhir peserta didik ingin cepat pulang.
Kondisi ini di perburuk kurangnya pemahaman guru dalam memanfaatkan media ajar dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam penerapan nya di kelas.
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara guru, teman sejawat, dan kepala sekolah serta kunjungan rumah kepada orang tua peserta didik, maka ada beberapa tantangan yang ditemukan yaitu:
- Orang tua jarang di rumah karena sibuk bekerja
- Tidak ada motivasi belajar yang diberikan orang tua untuk anaknya
- Adanya fikiran anak yang penting sekolah dan mendapatkan ijazah
- Hilangnya percaya diri yang timbul dari peserta didik tersebut
- Adanya fikiran orang tua apabila sudah di sekolah itu sudah bukan urusan orang tua lagi
Tantangan dari peserta didik nya berdampak sekali terhadap proses pembelajaran yang ada di sekolah. Dan ada beberapa juga tantangan yang di hadapi sekolah diantaranya seperti :
- Kurangnya pemahaman guru terhadap pemilihan media ajar
- Kurangnya pemanfaatan teknik TPACK di kelas
- Model pembelajaran yang belum relevan dengan kebutuhan peserta didik
- Ruang kelas yang kurang nyaman ketika digunakan peserta didik
Beberapa tantangan yang timbul tersebut yang dapat menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara yaitu seperti dapat menerapkan media yang lebih sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta dapat memilih model pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik.
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
      Tantangan yang ada di atas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional, langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain yaitu :
1. Berkaitan dengan media ajar
Guru bisa menggunakan media ajar yang konkrit, sehingga peserta didik lebih mengenal media yang ada. Apabila media yang konkrit sudah ada dapat juga di kolaborasikan dengan TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Kali ini menggunakan media ajar berbentuk powerpoint dan tampilan video dari youtube dalam penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL).