Mohon tunggu...
Kusniati
Kusniati Mohon Tunggu... Guru - SD N Karangbokong 02

Guru Kelas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa SD

7 Desember 2020   17:25 Diperbarui: 7 Desember 2020   17:28 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kata Kunci : Membaca lancar, Bahasa Indonesia, Problem Based Learning

Penelitian tindakan kelas tentang kemampuan membaca lancar siswa kelas II SD Negeri Karangbokong 02 ini merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar-mengajar, khususnya perbaikan cara mengajar guru dan peningkatan kemampuan siswa dalam belajar. Hal ini dilakukan karena sebagian siswa masih ada yang belum lancar dalam membaca, sebab siswa baru yang masuk di SD Negeri Karangbokong 02 setiap tahunnya banyak siswa yang sebelumnya tidak bersekolah di Taman Kanak-Kanak. Hal ini menyebabkan proses belajar mengajar membaca di kelas II harus ditingkatkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca lancar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas II SD Negeri Karangbokong 02 Brebes untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas II SD N Karangbokong 02 kabupaten Brebes pada tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini ini dilaksanakan mulai bulan November sampai dengan bulan Desember 2020. Rancangan penelitian ini terbagi atas 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari hasil tes, observasi, dan diskusi antara guru dan teman sejawat. Untuk menganalisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik prosentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca lancar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas II SD Negeri Karangbokong 02 dapat meningkat. Ini disebabkan karena aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar mulai dari siklus I sampai ke siklus III terus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada siklus I 56,52 %, pada siklus II meningkat menjadi 78,26 %, serta di siklus yang ke III meningkat lagi menjadi 86,95 %. Hal ini didukung oleh meningkatnya aktivitas guru dalam KBM dengan rata-rata pada siklus I 87,5, pada siklus II 90, dan disiklus ke III meningkat lagi menjadi 92,5.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun